Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dua Gol "Free-kick", Messi Catat Rekor Baru

By Aloysius Gonsaga - Rabu, 12 Agustus 2015 | 04:54 WIB
Bintang Barcelona, Lionel Messi, berselebrasi bersama rekannya, Dani Alves (kanan), seusai mencetak gol dalam pertandingan Piala Super Eropa melawan Sevilla, di Tbilisi, Selasa (11/8/2015). (AFP PHOTO/KIRILL KUDRYAVTSEV)

Lionel Messi mencatat rekor baru dalam kariernya ketika Barcelona menang 5-4 atas Sevilla pada laga Piala Super Eropa di Boris Paichadze Stadium, Tbilisi, Selasa malam atau Rabu (12/8/2015) dini hari WIB. Pasalnya, ini untuk pertama kalinya penyerang asal Argentina tersebut mencetak dua gol melalui tendangan bebas dalam satu pertandingan.

Duel yang mempertemukan juara Liga Champions (Barcelona) dan Liga Europa (Sevilla) ini benar-benar menjadi panggung Messi. Dalam tempo sembilan menit dia mengoyak jala musuh yang menjadi rival mereka di Primera Division, melalui eksekusi tendangan bebas.

Aksi brilian Messi menjadi sempurna karena Barca keluar sebagai pemenang, meski sempat dipaksa bermain hingga babak perpanjangan. Meskipun sempat unggul 4-1, setelah Rafinha dan Luis Suarez menambah gol, Sevilla bisa membalasnya melalui Jose Antonio Reyes, penalti Kevin Gameiro dan gol Yevheniy Konoplyanka pada menit ke-81, yang membuat skor menjadi 4-4.

Beruntung, Barca memiliki pemain-pemain top dengan mental tangguh. Pada babak tambahan tersebut, tim besutan Luis Enrique memastikan diri sebagai pemenang setelah Pedro mencetak gol pada menit ke-115. Lagi-lagi Messi yang menjadi aktor karena bola tendangan bebasnya yang dihalau bisa direbound oleh Pedro.

Torehan dua gol hanya dalam satu pertandingan ini membuat Messi kian menegaskan bahwa dirinya jauh lebih bagus dari Cristiano Ronaldo. Bagaimana tidak, Ronaldo sempat paceklik gol lewat tendangan bebas karena bintang Real Madrid itu perlu waktu 16 bulan untuk kembali membobol gawang lawan melalui eksekusi tersebut.

Ya, Ronaldo mengakhiri penantian mencetak gol lewat tendangan bebas ketika Madrid menang 3-0 atas Eibar pada pentas Primera Division, 11 April 2015. Itu adalah gol tendangan bebas pertama mantan pemain Manchester United tersebut setelah dia membobol gawang Bayern Muenchen pada semifinal Liga Champions, 19 April 2014.

Dengan demikian, Messi hanya butuh 540 detik untuk membuat dua gol tendangan bebas, sedangkan Ronaldo perlu 16 bulan. Sebuah perbedaan yang sangat mencolok!