Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Barcelona Juara Piala Super Eropa Berkat Pedro

By Firzie A. Idris - Rabu, 12 Agustus 2015 | 04:18 WIB
Pedro Rodriguez penentu kemenangan Barcelona atas Sevilla (Getty Images)

Berkat Pedro Rodriguez Barcelona akhirnya bisa mengakhiri keajaiban dan perlawanan sengit Sevilla di partai Piala Super Eropa 2015, Rabu (12/8) dini hari WIB, di Boris Paichadze Dinamo Arena. Barcelona pun keluar sebagai juara Piala Super Eropa dengan kemenangan 5-4 di laga tersebut.

Di awal pertandingan Sevilla sukses memberikan efek kejut kepada Barcelona. Saat usia pertandingan baru tiga menit, Ever Banega membobol gawang Marc-Andre ter Stegen.

Berawal dari pelanggaran yang dilakukan Javier Mascherano, Sevilla mendapatkan hadiah tendangan bebas dari jarak ideal di depan kotak penalti Barcelona. Banega yang maju sebagai eksekutor mampu melepaskan tembakan jitu tanpa sanggup diantisipasi Ter Stegen.

Tertinggal 0-1, Blaugrana tidak butuh waktu lama untuk mencetak gol balasan. Pada menit ke-7 Barcelona juga mendapat hadiah tendangan bebas yang kurang lebih sama dengan proses gol pertama Sevilla di wilayah sebaliknya.

Lionel Messi tampil sebagai penendang. Uniknya, megabintang asal Argentina itu berhasil mencetak gol balasan dengan cara serupa yang diciptakan Sevilla. Skor pun kembali imbang menjadi 1-1.

Jalannya pertandingan semakin lebih menarik setelah Messi kembali mencetak gol pada menit ke-16. Betapa tidak, gol Messi yang membuat Barcelona membalikkan keadaan menjadi 2-1 juga tercipta lewat eksekusi tendangan bola mati.

Barcelona bermain lebih dominan usai gol tersebut. Satu menit sebelum waktu normal di babak pertama berakhir, tim besutan Luis Enrique kembali menambah keunggulan menjadi 3-1. Berawal dari umpan silang mendatar yang dilepaskan Luis Suarez, serobotan Rafinha menghasilkan gol ketiga buat Barcelona.

Di paruh kedua Barcelona semakin lebih percaya diri. Pada menit ke-52 Suarez ikut mencetak gol di partai ini memanfaatkan umpan terobosan Sergio Busquets. Gol yang menjadikan juara La Liga tersebut unggul 4-1.  

Skor tersebut seolah sudah mengakhiri perlawanan Sevilla. Akan tetapi, skuat besutan Unai Emery ini ternyata menolak menyerah.

Pada menit ke-57, Jose Antonio Reyes membuka harapan buat timnya. Bermula dari umpan silang Vitolo, Reyes sukses mencetak gol dengan melakukan sedikit sontekan di depan gawang Ter Stegen.