Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ini Alasan Mourinho Mengganti Terry dengan Zouma

By Wisnu Nova Wistowo - Senin, 17 Agustus 2015 | 01:53 WIB
Jose Mourinho (Getty Images)

Ada yang tidak biasa saat Chelsea mengalami kekalahan telak 0-3 saat bertandang ke Etihad Stadium melawan Manchester City, Minggu (16/8/2015). Untuk pertama kalinya Jose Mourinho menarik keluar John Terry di ajang Premier League.

Selama berada di bawah asuhan Jose Mourinho, Joh Terry belum sekalipun ditarik keluar. Pada November 2006 pernah tidak menyelesaikan pertandingan selama 90 menit, namun itu bukan keputusan Mourinho. Melainkan akibat melanggar pemain Tottenham Hotspur, Pascal Chimbonda, dan ia diganjar kartu merah.

"Zouma adalah bek tercepat yang kami miliki dalam skuat. Saya tahu Man City akan bermain lewat serangan balik dan Zouma adalah pemain berbeda dengan John. Keputusan saya tepat karena Zouma dalam kontrol penuh," ujar Mourinho.

Tidak ada alasan lain selain kebutuhan taktik bermain saat Mourinho mengganti Terry. Ia mengaku sangat memercayai Terry dan sebelumnya tidak pernah menggantinya. Ia membandingkan dengan manajer lain Chelsea sebelumnya bahkan tidak memainkannya sehingga orang berpikir kariernya sudah berakhir.

"Saya memberinya kesempatan untuk membuktikan diri. Sosok pemain dan kapten fantastis," ucap The Special One.

Mourinho juga berbicara soal dua laga pertama The Blues tanpa kemenangan. Di pertandingan pertama mereka ditahan imbang Swansea City 2-2.

Di masa lalu Chelsea juga pernah tidak memetik kemenangan dalam dua pekan pertama. Pada musim 1992-93 tidak memetik kemenangan pada dua pekan pertama mereka mengakhiri musim di posisi ke-11.

Musim berikutnya Chelsea juga mengalami dua pekan pertama serupa dan finis di posisi ke-14 Premier League. Musim 1995-96 finis di urutan ke-11 dan 1998-99 di posisi ketiga.

"Satu poin dari enam lebih baik dari nol dan lebih buruk dari dua. Tidak ada masalah secara matematis," kata dia.