Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

9 Gelandang Premier League Ini Pemburu Gol

By Firzie A. Idris - Sabtu, 15 Agustus 2015 | 09:04 WIB
Eden Hazard, secara statistik adalah penggiring bola tersukses di Eropa. (Getty Images)

Tugas utama para striker adalah mencetak gol. Akan tetapi, peran mereka tak bisa lepas dari peran para gelandang yang menyuplai bola. Bila para striker sedang mandul, giliran pemain-pemain tengah yang harus mencipta peluang. Siapa saja mereka? Berikut ini adalah 9 gelandang yang sudah biasa menjadi pencetak gol:

1. Yohan Cabaye

Pemain berumur 29 tahun ini musim lalu kurang beruntung di PSG setelah dijual Newcastle. Kini Cabaye mencoba bangkit di Selhurst Park, selain reuni dengan manajer lama Newcastle, Alan Pardew. Cabaye sekarang sudah 29 tahun, tetapi masih menjanjikan gebrakan di lini tengah Crystal Palace. Bila sukses beradaptasi, dia bisa membangkitkan kembali performa yang membuat Cabaye mencetak tujuh gol dan empat assist musim 2013-14 bersama Newcastle.

2. Georginio Wijnaldum

Wijnaldum baru berusia 24 tahun dan pekan lalu mencetak gol dalam debutnya bersama Newcastle United. Mantan kapten PSV Eindhoven ini tergolong produktif mencetak gol di Eredivisie. Pada pekan pertama Wijnaldum dipasang sebagai gelandang serang di belakang Papiss Cisse. Jadi, musim ini dia bisa masuk daftar gelandang pencetak gol.

3. Christian Eriksen

Musim lalu Eriksen menembus raihan gol dua digit bersama Nacer Chadli dan Harry Kane. Eriksen juga salah satu pengambil tendangan bebas. Karena itu, bila bukan karena mencetak gol, peran Eriksen setidaknya assist atau pencipta peluang terjadinya gol.

4. Matt Ritchie

Musim lalu Matt Ritchie sukses mencetak 15 gol dan 17 assist dan Bournemouth akhirnya mendapat promosi ke Premier League. Meski rekor itu tampaknya akan sulit dia ulangi di Premer League. Ritchie tampaknya masih akan menjadi gelandang pencipta peluang.

5. Gylfi Sigurdsson

Dua musim lalu dia tampil sebentar di White Hart Lane, tetapi tampaknya itu bukan keputusan terbaik untuk kariernya. Kini, Sigurdsson sudah dua musim bersama Swansea City, mencatatkan tujuh gol dan 10 assist musim lalu. Gelandang Islandia berumur 25 tahun ini telah menunjukkan konsistensi sepanjang musim. Musim ini Sigurdsson dicanangkan sebagai pengambil penalti dan tendangan bebas. Peluang mantan pemain Hoffenheim ini untuk mencetak gol sangat tinggi.

6. Nacer Chadli

Awal musim lalu Chadli mencetak dua gol ke gawang Queens Park Rangers. Itu adalah awal performa menawan baginya sepanjang musim. Pemain Belgia keturunan Maroko ini menambah sembilan lagi di Premier League. Dia bukan pengambil penalti ataupun tendangan bebas, tetapi Chadli bisa menggiring bola melewati kiper seperti yang dilakukannya saat melawan Hull City musim lalu.

7. Jordan Henderson

Kapten Liverpool ini memang tidak seganas Sigurdsson atau Chadli. Musim lalu Henderson mengawalinya dengan baik, menjadi pelayan pencetak gol dua kali dalam tiga pertandingan. Kalau saja bukan karena masa transisi kepemimpinan, pemain yang digadang menjadi legenda Liverpool ini mungkin bisa bermain lebih lepas. Setelah menandatangani kontrak baru sepanjang lima tahun dan menjadi kapten menggantikan Steven Gerrard, Henderson semestinya bisa tampil lebih tenang musim ini.

8. David Silva