Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Misi Ganda Lin Dan pada Kejuaraan Dunia

By Pipit Puspita Rini - Kamis, 6 Agustus 2015 | 18:38 WIB
Pebulu tangkis Tiongkok, Lin Dan, berusaha mengambalikan kok dari rekan senegaranya, Tian Houwei, saat bertemu pada hari ketiga All England di Barclaycard Arena, Birmingham, 5 Meret 2015. (RICHARD HEATHCOTE/GETTY IMAGES)

Pebulu tangkis Tiongkok, Lin Dan, berambisi meraih gelar keenam pada Kejuaraan Dunia 2015 di Jakarta, 10-16 Agustus. Jika mimpi itu terwujud, Lin Dan akan menjadi pemain tersukses sepanjang sejarah Kejuaraan Dunia.

Selain berambisi meraih medali emas keenam di Kejuaraan Dunia, Lin Dan juga punya misi lain yaitu mengoleksi poin demi lolos ke Olimpiade Rio 2016 dan meraih medali emas ketiga.

"Saya ingin melakukan yang terbaik agar bisa tampil di Olimpiade Rio 2016. Saya akan berjuang keras untuk memenangi medali emas ketiga kalinya," kata peraih medali emas Olimpiade 2008 dan 2012 tersebut di situs Live Mint.

Sebelum tampil di Kejuaraan Dunia tahun ini, prestasi Lin Dan tidak terlalu bersinar. Dia hanya mampu meraih satu gelar juara yakni pada Kejuaraan Asia 2015. Pemain berusia 31 tahun itu sulit bersinar baik di turnamen superseries maupun grand prix.

"Saat ini saya hanya ingin terus bermain. Soal pensiun, saya akan membahasnya setelah Olimpiade Rio," lanjut bintang bulu tangkis yang juga merupakan penggemar tokoh kartun Doraemon itu.

Dalam sebuah wawancara pada Mei 2015, Lin Dan mengaku tengah berjuang mengembalikan konsistensi permainannya. Meski begitu, ia tak pernah melupakan keluarga.

Lin Dan merupakan suami dari mantan pebulu tangkis Tiongkok, Xie Xingfang. Keduanya menjalin asmara sejak 2003 dan resmi menikah pada 23 September 2012.

"Jadwal saya sangat padat, tetapi ketika kembali ke rumah saya selalu berusaha menghabiskan waktu bersama keluarga dan istri saya," tutur pemain berjuluk "Super Dan" tersebut.

"Saya juga punya skill sepak bola yang cukup bagus! Saya biasa bermain dengan teman-teman di rumah. Barcelona, Lionel Messi, dan Cristiano Ronaldo adalah favorit saya," katanya.

Ikuti perkembangan berita ini dalam liputan khusus:

Kejuaraan Dunia 2015