Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Belanja Valencia Lewati Barca dan Madrid

By Firzie A. Idris - Rabu, 5 Agustus 2015 | 21:59 WIB
Rodrigo Moreno (AFP)

Bukan Real Madrid, bukan pula Barcelona yang menjadi klub dengan pengeluaran terbesar untuk mem­beli pemain di musim panas ini. Valencia kini melewati kedua klub ter­sebut.  

Jumlah euro yang sudah dike­luar­kan klub-klub Spanyol untuk membeli pemain baru sejauh ini ada­lah 389,7 juta. Dari jumlah tersebut, 81 persen di anta­ra­­nya atau 318,9 juta euro dige­lontorkan oleh empat klub, yakni Valencia, Atletico Madrid, Barcelona, dan Real Madrid. Berbeda dari sebelumnya, hingga awal Agustus ini, Valen­cia tercatat yang paling boros.

Barcelona baru menge­lu­arkan 56 juta euro atau sekitar 840 miliar rupiah untuk mendatangkan Aleix Vidal dan Arda Turan. Ban­dingkan dengan musim lalu ketika mereka meng­ha­biskan 93,7 juta euro hanya untuk Luis Suarez.

Madrid sudah menda­tang­kan lebih banyak pemain dari rivalnya itu, tapi tarifnya lebih murah. Dana yang sudah dialirkan Los Blancos ada­lah 55,9 juta euro untuk mem­beli Danilo, Casemiro, Kiko Casilla, Marco Asensio, Lucas Vazquez, dan Jesus Vallejo.

Musim lalu, Madrid meng­habiskan 80 juta euro hanya untuk James Rodri­guez. Belum lagi 30 juta euro membeli Toni Kroos, dan beberapa puluh juta lagi untuk pemain-pemain baru di musim 2014/15.

Atletico sudah menghabiskan 98 juta euro untuk mendatangkan Jackson Martinez, Filipe Luis, Luciano Vietto, Stefan Savic, dan Yannick Ferreira Carrasco.

Valencia meng­habiskan lebih dari 100 juta euro. Para pemain yang dida­tang­kan Valencia sebenarnya bukan pemain-pemain besar. Danilo Barbosa bahkan hanya dipinjam dari Braga. Pengeluaran termahal dikeluarkan untuk Rodrigo Moreno, yang dibeli dari Benfica dengan harga 35 juta euro.