Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kalahkan Roma, Barca Raih Trofi Joan Gamper

By Okky Herman Dilaga - Kamis, 6 Agustus 2015 | 05:31 WIB
Para pemain Barcelona merayakan gol ke gawang AS Roma pada laga trofi Joan Gamper 2015 di Stadion Camp Nou, Barcelona, Rabu (5/8/2015). (AFP PHOTO / QUIQUE GARCIA)

Setelah mengalami tiga kekalahan pada laga pramusim di Amerika Serikat, Barcelona akhirnya bisa kembali menunjukkan penampilan yang baik. Hal ini terbukti di pertandingan bertajuk Joan Gamper Trophy menghadapi AS Roma pada Kamis (6/8/2015) di Camp Nou, Barcelona.

Barcelona mampu kembali bermain dengan baik setelah kembalinya beberapa pemain utama yang baru kembali dari masa liburan akibat bertanding di ajang Copa America 2015. Mereka adalah Lionel Messi, Javier Mascherano, Neymar, Daniel Alves, dan Claudio Bravo.

Sejak menit awal, Barcelona sudah memberi ancaman kepada pertahanan Roma melalui Messi yang tendangannya masih mengarah tepat ke kiper Wojciech Szczesny. Disusul umpan matang Alves yang gagal disambut oleh Messi dan Neymar pada menit ke-4.

Roma baru berhasil memilikipeluang pertama pada menit ke-10 melalui Iago Falque. Namun, sepakan pemain baru Giallorossi itu terbuang sia-sia akibat penyelesaian akhir yang buruk.

Pada menit ke-16, Barca kembali mengancam. Permainan bola satu sentuhan yang diperagakan oleh Luis Saurez dan Ivan Rakitic masih mampu dibendung Szczesny.

Barcelona baru berhasil mencetak gol pada menit ke-26 melalui Neymar. Berawal dari umpan panjang Messi menuju Jeremy Mathieu, bola berhasil diteruskan kepada Neymar yang berdiri bebas untuk mengecoh Szczesny sebelum menceploskan bola ke gawang dengan mudah.

Pada menit ke-34, sempat terjadi keributan antara Messi dan Mapou Yanga-Mbiwa. Keduanya terlibat adu mulut yang diakhiri dengan beradu kepala. Beruntung keduanya hanya diganjar kartu kuning oleh wasit Javier Estrada.

Setelah itu, beberapa kali Barcelona kembali berhasil melancarkan serangan berbahaya. Tetapi baru pada menit ke-41, keunggulan Blaugrana baru bisa bertambah melalui sepakan keras mendatar kaki kiri Messi dengan memanfaatkan sodoran kecil Neymar di area kotak penalti. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Pada awal babak kedua, tidak banyak perubahan yang dilakukan kedua tim seperti yang sering dilakukan dalam laga uji coba. Barcelona tetap berhasil mendominasi, tetapi kesulitan untuk mencetak gol.

Baru pada menit ke-66, Blaugrana sukses mencetak gol ketiganya melalui sepakan keras Rakitic dari luar kotak penalti. Tendangan gelandang Kroasia itu menghujam deras pojok kanan atas gawang yang tidak dapat diamankan oleh Morgan De Sanctis.