Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Eks Kiper Liverpool Ini Cetak Gol Indah di Belanda

By Suryo Wahono - Kamis, 13 Agustus 2015 | 06:24 WIB
Martin Hansen (1), mencetak gol indah dengan tumit dalam sebuah pertandingan di Eredivisie melawan PSV. (Youtube)

Kiper hampir tidak pernah mencetak gol sebab memang bukan itu tugas utamanya. Akan tetapi, beberapa kiper telah melakukan aksi penyelamatan luar biasa dalam bentuk lain, yaitu mencetak gol di saat genting.

Kiper dari Liga Belanda ini adalah salah satu contoh terakhir.  Eks kiper Liverpool, Martin Hansen, yang sekarang bermain untuk ADO De Haag di Eredivisie, mencatatkan gol atas nama dirinya pada menit ke-95 dan menyamakan kedudukan melawan PSV Eindhoven.

Kiper asa Denmark tersebut berspekulasi dengan maju ke kotak penalti demi menambah peluang menyamakan kedudukan, setelah salah satu rekannya dihadiahi tendangan bebas. Uniknya, Hansen tidak mencoba mencetak gol lewat sundulan, yang umum dilakukan saat menerima umpan hasil tendangan bebas. Hansen mencoba keberuntungannya di sisa waktu pertandingan dengan mengayunkan kaki ke belakang dan ternyata berbuah gol di sudut bawah kanan kiper lawan. Hasil akhir partai adalah Ado Den Haag 2-2 PSV Eindhoven.

Aksi ini mirip dengan yang pernah dilakukan kiper asal Denmark lainnya. Peter Schmeichel, kiper legendaris Manchester United, pernah mencetak gol hasil sepak pojok ke gawang Aston Villa.

Gol di pertandingan itu hanya satu di antara 13 gol lainnya yang pernah dicatat atas nama Schmeichel sepanjang karier sebagai pemain, termasuk sundulan di Piala UEFA melawan Rotor Volgograd pada 1995.