Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kejadian Langka, Wasit Digantikan Penonton

By Ary Wibowo - Rabu, 12 Agustus 2015 | 16:37 WIB
Ilustrasi

Hal unik terjadi dalam pertandingan divisi ketiga Liga Prancis antara SR Colmar dan FC Chambly pada 7 Agustus 2015. Pada laga tersebut, tugas wasit memimpin pertandingan di lapangan terpaksa diberikan kepada seorang penonton.

Laga tersebut awalnya dipimpin oleh wasit Dimitri Kristo. Namun, pada menit ke-22, ia terpaksa ditandu ke luar lapangan setelah mengalami cedera.

Saat itu dikabarkan tidak ada wasit cadangan yang bertugas. Menimbang laga harus tetap berlanjut, melalui alat pengeras suara, panitia pertandingan akhirnya meminta bantuan sukarela dari penonton di tribune yang bersedia menjadi wasit dadakan.

Setelah pertandingan tertunda selama 10 menit, ada seorang pria yang bersedia menjadi relawan. Ia pun menggantikan tugas Kristo sebagai wasit. Bahkan, tak tanggung-tanggung, ia mengeluarkan dua kartu merah dalam kurun waktu tiga menit karena pertandingan berlangsung keras.

Dua kartu merah itu diberikan kepada pemain Chambly pada masa injury time. Bermain dengan sembilan pemain, Chambly, yang sempat unggul hingga menit ke-90, harus puas mengakhiri laga dengan skor 1-1 setelah Colmar mampu menyamakan kedudukan.