Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kiper Bikin Gol, Hansen Mendadak Beken

By Riemantono Harsojo - Rabu, 12 Agustus 2015 | 16:09 WIB
Martin Hansen, gembira setelah laga Liga Belanda antara ADO Den Haag melawan PSV Eindhoven pada 11 Agustus 2015 berakhir imbang 2-2. (Getty Images)

gara aksi gol spektakuler kiper ADO Den Haag ini ke gawang PSV Eindhoven di masa tambahan waktu, Selasa 11 Agustus.

Kiper Martin Hansen mencetak gol spektakuler untuk membuat tuan rumah ADO Den Haag mampu menahan imbang 2-2 juara bertahan PSV Eindhoven dalam laga pekan pertama Eredivisie pada 11 Agustus.


Kejadiannya, pada menit ke-94, ADO Den Haag mendapat tendangan bebas di sisi kiri pertahanan PSV. Waktu tambahan tinggal tersisa satu menit dan tim tertinggal 1-2, kiper Martin Hansen pun maju ke kotak penalti lawan.


Martin Hansen mampu mengantisipasi umpan tendangan bebas yang tingginya sepinggang Kiper asal Denmark berusia 25 tahun itu. Sambil melompat, dia menyepak bola dengan tumit kanannya ke arah belakang atau tertuju ke gawang. Bola masuk ke pojok kanan bawah gawang PSV. Kiper Jeroen Zoet terlambat bereaksi dan sulit menghadangnya.


Stadion Kyocera di Kota Den Haag pun langsung meledak melihat aksi Martin Hansen.


"Ya, Hansen. Dengan tumit. Anda tidak dapat melupakannya!," teriak komentator laga pertandingan di stasiun televisi FOX Belanda.


Setelah cuplikan gol spektakuler Martin Hansen ditayangkan di You Tube, nama Martin Hansen pun mendadak beken di seluruh dunia.


"Sensasional," tulis seorang penggemar asal Brasil. Gol Martin Hansen itu bahkan diusulkan untuk mendapat Puskas Award, penghargaan untuk gol terbaik dunia.


Musim ini merupakan musim kedua Martin Hansen di ADO Den Haag. Pada Liga Belanda musim lalu, kiper berukuran tinggi 188 cm itu bermain 32 kali. Namun, baru kali ini sepanjang karier profesionalnya Martin Hansen dapat mencetak gol.