Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Soal Trequartista, Allegri Tak Mau Berjudi (1)

By Rabu, 22 Juli 2015 | 18:44 WIB
Max Allegri, sering sukses kala bereksperimen. (Getty Images)

Massimiliano Allegri merupakan pelatih yang jeli dalam melihat potensi tersembunyi anak asuhnya.

Saat melatih AC Milan, Allegri tak ragu menempatkan gelandang berkarakter keras seperti Kevin-Prince Boateng di posisi trequartista alias penyerang lubang. Allegri sukses mendobrak tradisi yang mengatakan bahwa jabatan trequartista harus diemban oleh pemain flamboyan berteknik istimewa.

Dengan Boateng sebagai trequartista, Milan besutan Allegri menjuarai Serie A 2010/11 dan Piala Super Italia 2011. Pada musim lalu Juventus yang meraih dobel gelar (Serie A dan Coppa Italia 2014/15) jelas kecipratan berkah dari eksperimen jeli Allegri.

Menurut survei yang dikeluarkan Sport Mediaset baru-baru ini kepergian Andrea Pirlo ke New York City (17 persen dari total 1.755 responden) dirasa fan memiliki efek buruk kepada tim yang lebih minimal ketimbang hengkangnya Carlos Tevez (Boca Juniors/52%), dan Arturo Vidal (Bayern Muenchen/31%).

Opini fan itu bisa terbentuk karena sepanjang 2014/15 Claudio Marchisio, tampil sangat baik mengisi tempat Pirlo sebagai regista atau sutradara permainan yang berdiri tepat di depan garis pertahanan. Sebelumnya, Marchisio lebih dikenal sebagai gelandang berkarakter ofensif.

>>>Berikutnya