Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Penobatan Ballon d'Or untuk Kaka

By Caesar Sardi - Senin, 22 Juni 2015 | 22:29 WIB
Kaka, Brasil keempat dalam 10 tahun terakhir. (Pierre Verdy/AFP)

Tahun 2007 menjadi sangat spesial bagi Kaka. Ia mendapat penghargaan Pemain Terbaik Dunia 2007 versi FIFPro Oktober lalu, lantas meraih Ballon d’Or sebagai penobatan Pemain Terbaik Eropa, penghargaan yang diprakarsai majalah Prancis, France Football.

Penghargaan untuk pemain Brasil tersebut ditentukan 96 panelis yang terdiri dari para jurnalis sepakbola internasional. Kaka menyisihkan 49 pemain lain yang masuk daftar pilihan, termasuk Cristiano Ronaldo (Manchester United), yang menempati posisi kedua, dan penyerang muda Barcelona, Lionel Messi, yang berada di posisi ketiga.

“Ini sangat spesial buat saya, seperti puncak dari tahun yang luar biasa,” sebut Kaka menyambut penobatannya itu.

Salah satu faktor penentu kemenangan Kaka adalah kontribusinya yang sangat besar bagi kesuksesan klubnya, AC Milan, menjadi juara Liga Champion 2007. Sepanjang musim lalu, pemilik nama lengkap Ricardo Izecson dos Santos Leite tersebut mencetak 10 gol bagi Milan di ajang Liga Champion.

“Ini salah satu penghargaan tertinggi dan hanya dengan bergabung bersama tim seperti AC Milan kita bisa meraih penghargaan seperti ini. Hebat bisa bergabung dengan tim yang menang di banyak turnamen,” tambah Kaka.

Dalam sepuluh tahun terakhir, Brasil sukses menempatkan empat pemainnya sebagai peraih Ballon d’Or. Tiga pemain sebelum Kaka adalah Rivaldo (1999), Ronaldo (2002), dan Ronaldinho (2005).

Penghargaan tahun ini merupakan yang ke-52 sejak Ballon d’Or pertama kali diberikan kepada pemain pada 1956. Sebelumnya, penghargaan ini dikenal dengan nama European Player of the Year Award.

(Penulis: Andi Yanianto)