Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rayo Datangkan Pemain Tiongkok Pertama di La Liga

By Firzie A. Idris - Selasa, 21 Juli 2015 | 23:54 WIB
Zhang Chengdong (kanan) (Marca)

Setelah kehilangan Alberto Bueno yang memutuskan mengakhiri kontrak dan hengkang ke FC Porto, Rayo Vallecano mencari striker pengganti. Pemain yang dimaksud kini telah datang dari Tiongkok, Zhang Chengdong atau Dudu.

Vallecano mendatangkan Dudu dari Beijing Guoan dengan status pinjaman selama satu musim. Hal ini membuat pemuda berusia 26 tahun itu menjadi pemain asal Tiongkok pertama yang pernah tampil di La Liga Spanyol.

Ini bukan pengalaman pertama Dudu di Eropa. Sebelumnya, ia sudah sempat merasakan atmosfer sepak bola Benua Biru bersama tiga klub kecil Portugal, Mafra, Uniao de Leira, dan Biera Mar. Selain itu, pemain kelahiran 9 Februari 1989 itu juga pernah tampil di Jerman bersama Eintracht Braunschweig.

Dudu didatangkan oleh Vallecano berkat saran dari mantan pelatihnya, Gregorio Manzano, yang kini menangani Beijing Guoan. Selain itu, Marca juga mengabarkan bahwa transfer ini difasilitasi oleh sponsor utama Vallecano, Qbao.com.

Manzano juga yang mengabarkan perihal transfer Dudu melalui akun Twitter-nya. Mantan pelatih Atletico Madrid dan Real Mallorca itu pun berharap sang striker memiliki keberuntungan di Vallecas.