Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Tim Nasional Menggeliat Mulai Juli

By Caesar Sardi - Senin, 20 Juli 2015 | 16:13 WIB
Ilustrasi. (Dok. BOLA)

21, dan U-16 sudah ditunggu oleh partai uji coba ataupun turnamen resmi.

Turnamen yang sudah pasti diikuti timnas senior adalah Piala AFF, yang memang memiliki jadwal dua tahunan. Indonesia akan menjadi tuan rumah bersama Thailand untuk turnamen yang rencananya digelar pada 5-28 Desember.

Sebelum Piala AFF, timnas akan melakukan sepuluh pertandingan uji coba internasional. Hanya, belum diketahui siapa calon lawan Ponaryo Astaman cs.

“Bisa klub atau negara. Yang jelas uji coba internasional supaya timnas tak vakum. Diusahakan melawan tim dari Asia. Ada kemungkinan dengan tim asal Australia. Saat ini kami sedang melakukan korespondensi dengan sejumlah pihak untuk penjajakan,” jelas Rahim Soekasah, Ketua Badan Tim Nasional (BTN).

Pada pertengahan tahun, PSSI juga berniat menggelar Piala Kemerdekaan, yang terakhir berlangsung pada 2000 di Jakarta. Jika jadi digelar, ada kemungkinan Indonesia akan turun dengan dua tim.

“Waktunya mungkin bulan Juli. Mungkin ada enam negara peserta, tapi hal ini masih akan dibicarakan lagi,” lanjut Rahim.

Agenda Berbeda

Agenda berbeda dijalani timnas U-19. Pelatih Bambang Nurdiansyah sudah ditugasi untuk melanjutkan program jangka panjang buat timnas yang naik level jadi U-21 ini.

“Kami belum tahu jadwal pasti turnamen atau uji coba. Tapi, pemain akan mulai berkumpul pada Februari. Materinya sebagian besar eks U-19. Mungkin akan ada tambahan pemain baru,” ujar Bambang.

Menurut Bambang, setelah berkumpul diharapkan Ramdani Leslatuhu dkk. bisa mulai menjalani uji coba pada bulan Maret atau April. Jika memungkinkan, tim ini bisa diturunkan di Piala Kemerdekaan mendampingi timnas senior.

Selain itu, Piala Sultan Hassanal Bolkiah, yang rutin digelar di Brunei Darussalam, bisa jadi alternatif turnamen yang pas untuk U-21. Pada 2002, timnas U-21 Indonesia jadi juara di ajang ini.

“Idealnya uji coba lawan tim asal Cina, Jepang, Korsel, atau daerah Arab sebab di event resmi AFC mereka inilah yang selalu jadi ganjalan dan lawan berat kita,” tutur Bambang.

Satu-satunya yang sudah memiliki jadwal jelas justru timnas U-16. Setelah sukses lolos dari Pra-Piala Asia U-16 pada 2007, mereka akan bertarung di Piala Asia 2008. Putaran final rencananya akan dimainkan di Uzbekistan, bulan Oktober.

Biasanya, sebelum Piala Asia U-16 terlebih dulu akan diputar Piala AFF U-16 pada pertengahan tahun. Pada 2007, Piala AFF digelar di Kamboja pada Agustus, mundur dari jadwal semula pada Mei karena bentrok dengan Piala Asia.

“Paling lambat pemain berkumpul pada 1 Februari. Kita harus menjalani latihan yang panjang supaya bisa siap di putaran final,” ucap manajer timnas U-16, Ferry Paulus.

(Penulis: Erwin Fitriansyah)