Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rossi: Saya Tidak Kuat dan Cepat

By Pipit Puspita Rini - Sabtu, 8 Agustus 2015 | 11:35 WIB
Pebalap Movistar Yamaha asal Italia, Valentino Rossi, memacu motornya pada sesi kualifikasi GP Jerman di Sachsenring, Sabtu (11/7/2015). (MIRCO LAZZARI/GETTY IMAGES)

Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, kembali meraih hasil tidak memuaskan pada hari pertama grand prix. Rossi berada di urutan ke-10 pencatat waktu tercepat pada hari pertama GP Indianapolis, Jumat (7/8/2015).

"Tadi adalah Jumat yang sulit krena saya tidak cukup kuat dan cepat, sejak pagi hari (latihan bebas pertama)," kata Rossi yang dikutip Crash. Pada sesi kedua (Jumat sore), Rossi sempat berada di urutan ke-14 sebelum akhirnya berganti ban belakang medium dan naik ke urutan ke-10.

"Kami menantikan latihan sore karena pada sesi pagi biasanya lintasan ini masih kotor, jadi kami berpikir kondisi akan lebih baik. Namun, kenyataannya saya justru memburuk. Saya cukup lambat. Lalu, kami berganti ban baru, tetapi saya tidak memiliki keseimbangan dan setting yang tepat," jelas pebalap 36 tahun tersebut.

Rossi mengaku mengalami masalah pada pengereman. Dia kehilangan feeling pada ban depan saat akan berhenti, yang membuatnya kehilangan banyak waktu.

Pebalap Italia tersebut paling tidak harus mempertahankan posisinya di daftar 10 tercepat pada sesi latihan ketiga, Sabtu (8/8/2015) pagi waktu setempat (malam WIB), jika ingin langsung lolos ke sesi kualifikasi kedua.

"Kami harus mengecek data dan meraih hasil lebih baik karena besok (Sabtu) pagi akan jadi latihan yang penting. Kami harus tetap di depan demi bisa ikut kualifikasi (kedua), tetapi terutama berusaha meraih hasil lebih baik karena saya cukup lambat," terangnya.

Rossi datang ke Indianapolis dengan status sebagai pemuncak klasemen sementara, unggul 13 poin atas rekan satu timnya, Jorge Lorenzo.

Ikuti perkembangan berita ini dalam liputan khusus:

MotoGP Indianapolis 2015