Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tantang Belarusia, Tim Matador Terpecah Belah?

By Minggu, 14 Juni 2015 | 21:53 WIB
Dituding menyebabkan perpecahan di tubuh Spanyol. (Getty Images)

Kentalnya rivalitas Barcelona vs Real Madrid tak bisa dimungkiri turut mengangkat pamor sepak bola Spanyol

Namun, tak jarang perseteruan abadi tersebut justru memecah belah timnas Negeri Matador. Spanyol merasakannya kala mereka melakoni uji coba versus Kosta Rika di Leon, Kamis (11/6).

Skuat La Furia Roja menunjukkan daya juang tinggi lantaran bisa menutup laga dengan kemenangan 2-1 kendati sempat lebih dulu berada dalam posisi tertinggal.

Gol Kosta Rika via sepakan Johan Venegas (menit ke-6) direspons oleh Paco Alcacaer (8’) dan Cesc Fabregas (30’).
 
Duel melawan Kosta Rika juga menjadi momen perdana Aleix Vidal mengenakan seragam La Furia Roja. Pemain yang baru saja direkrut Barcelona itu mentas selama 45 menit sebelum akhirnya diganti pada jeda babak.

“Aleix mengalami cedera mata kaki. Saya rasa ia tak akan bugar untuk bermain melawan Belarusia,” kata arsitek Spanyol, Vicente del Bosque, di Inside Spanish Football.

Namun, kabar soal reaksi apik yang diperagakan Spanyol plus debut Vidal sontak tertutup oleh teror publik Estadio Municipal Reino de Leon terhadap Gerard Pique.

Sejak masuk menggantikan Sergio Ramos pada menit ke-58, Pique langsung dihujani cemooh dan siulan.

“Fan bebas untuk mengekspresikan dirinya. Saya melaksanakan tugas, hal itu tak memengaruhi saya. Setelah memenangi treble, saya sangat senang,” tutur Pique.

Fan sepertinya masih kesal dengan pidato singkat Pique dalam pesta perayaan treble Barcelona di Camp Nou Ahad silam. Kala itu Pique mengungkapkan bahwa kesuksesan Barca menjuarai La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champion musim ini tak lepas dari andil Kevin Roldan.

Roldan adalah penyanyi asal Kolombia yang turut memeriahkan pesta ulang tahun kontroversial Cristiano Ronaldo Februari silam.

Pesta hari jadi Ronaldo memicu pergunjingan suporter lantaran digelar hanya beberapa hari setelah Madrid dipermak 0-4 oleh Atletico.

Foto-foto pesta CR7 kemudian menjadi konsumsi publik karena Roldan mengunggahnya ke media sosial.   
 
“Saya katakan lagi, hal itu cuma lelucon. Saya tak peduli soal kehebohan ini,” kata Pique menambahkan.

Siulan terhadap Pique menambah kisruh situasi Spanyol yang sebelumnya diganggu isu keretakan hubungan antara Iker Casillas dan David de Gea.

Kondisi ini jelas bukan modal sempurna bagi La Furia Roja yang akan melakoni laga Kualifikasi Euro 2016 melawan Belarusia, Minggu (14/6).

Pique kemungkinan mengisi susunan starter saat melawan Belarusia. Ia akan “dikepung” para penggawa Madrid seperti Casillas, Sergio Ramos, Dani Carvajal, dan Isco Alarcon.