Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bajul Ijo Semakin Intens Berlatih Jelang PIS

By Firzie A. Idris - Rabu, 5 Agustus 2015 | 21:52 WIB
Fandi Eko Utomo, sudah melakukan persiapan bersama Persebaya.

Persiapan Persebaya guna menghadapi Piala Indonesia Satu semakin intens, akhir Agustus nanti. Jika sebelumnya mereka hanya menggelar latihan empat kali dalam seminggu di Surabaya, maka dalam pekan ini mereka akan menggelar latihan enam hari penuh.

Hal ini dilakukan karena skuat Persebaya mulai lebih lengkap menyusul berakhirnya turnamen Sunrise of Java Cup 2015 di Banyuwangi. Maklum, ada delapan pemain Persebaya yang tampil di turnamen ini.

Sesuai rencana, seluruh pemain yang tampil membela Indonesia All Star maupun Persewangi langsung bergabung dengan Persebaya. Mereka adalah Evan Dimas Darmono, Putu Gede Juniantara, M. Zaenuri, Fandi Eko Utomo, Asep Berlian, Thomas Ryan Bayu, Erick Irfansyah (Indonesia All Star), dan Slamet Nurcahyo (Persewangi).

Namun hanya Slamet yang akan absen pada latihan Selasa (4/8), karena Persewangi baru menyelesaikan pertandingan terakhirnya pada Senin (3/8). "Kami beri istirahat sehari, setelah itu ia langsung latihan bersama pemain lain," terang Ibnu Grahan, pelatih Persebaya.

Tak hanya mereka, Persebaya juga sudah kedatangan Firly Apriansyah sejak Senin (3/8). Jadi hanya ada Ilham Udin Armaiyn, Hargianto, Fauzan Jamal, Zulfiandi, dan Jendry Pitoy saja yang belum hadir di Persebaya di pekan ini.

Jika disetujui, Persebaya juga akan mendatang tiga pemain baru. Dua pemain incarannya konon berposisi bek sayap kanan dan kiri, plus satu stoper. Sesuai pernyataan Ibnu beberapa waktu lalu, ketiga pemain itu adalah mantan pemain Persebaya 1927.

Meski tak disebutkan identitasnya, besar kemungkinan kedua pemain eks Persebaya 1927 itu adalah Erol Iba dan Yusuf Hamzah. Maklum, kendati ada Mat Halil, hanya kedua pemain itu yang memungkinkan bergabung dengan Persebaya. Sebab Halil berulang kali menolak pinangan Persebaya.

Untuk satu pemain yang berperan sebagai stoper kemungkinan adalah Fastabiqul Khoirot. Sebab, dalam beberapa latihan terakhir, Fasta rajin mengikuti latihan bersama Persebaya.

Rencana lainnya, Persebaya akan mengagendakan dua kali uji coba sebelum turun di turnamen garapan Mahaka Sport itu. Dua lawan yang akan dihadapi Persebaya adalah Persis Solo dan Martapura FC. Uji coba ini akan digelar di Stadion Manahan, Solo. Hanya saja mereka belum menentukan kapan uji coba itu dilangsungkan.

Selain Persis dan Martapura FC, Bajul Ijo itu juga ditantang PSIS Semarang. Namun Ibnu sepertinya sulit menerima tawaran tersebut karena tidak searah dengan rute perjalanan yang ditempuh Persebaya. "Untuk Persis dan Martapura FC pada prinsipnya sudah sepakat, hanya soal waktunya saja yang belum," katanya.
 
Agenda-agenda uji coba yang dilaksanakan klub:
Persebaya vs Persis
Persebaya vs Martapura FC