Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Eks Striker Arsenal Gabung ke Kuban Krasnodar

By Nugyasa Laksamana - Selasa, 14 Juli 2015 | 04:16 WIB
Mantan penyerang Arsenal, Andrei Arshavin, yang kini berseragam Kuban Krasnodar. (OLGA MALTSEVA/AFP)

Penyerang Zenit St Petersburg, Andrei Arshavin, resmi bergabung dengan klub Liga Primer Rusia, Kuban Krasnodar, dengan status bebas transfer.

Arshavin baru saja sukses meraih gelar juara Liga Primer Rusia ketiganya bersama Zenit St Petersburg. Akan tetapi, pelatih Andre Villas-Boas tidak memainkannya secara reguler pada musim lalu. Total, ia hanya tampil sebanyak 14 pertandingan liga dan hanya mencetak satu gol.

"Nama Andrei Arshavin sudah dikenal di dunia sepak bola. Kami sangat senang dia telah menjadi bagian dari klub kami," ujar Direktur Umum Kuban Krasnodar, Valeriy Statsenko, pada situs resmi klub.

Arshavin pernah menjadi salah satu penggawa Arsenal. Ia diboyong dari Zenit St Petersburg pada Januari 2009 dengan biaya transfer sebesar 15 juta poundsterling (sekitar Rp 308 miliar). Namun, kariernya di Arsenal terbilang kurang memuaskan.

Akhirnya pada 2012, Arsenal mengembalikannya ke Zenit St Petersburg dengan status pinjaman dan menjadi permanen pada tahun berikutnya.

Bersama Zenit St Petersburg, Arshavin telah mempersembahkan tiga gelar juara liga, satu gelar Liga Europa, dan satu gelar Piala Super Eropa. Selama itu pula ia mencatatkan 186 laga dengan mencetak 40 gol.