Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kisah 7 Jebolan La Masia di Premier League

By Ade Jayadireja - Minggu, 26 Juli 2015 | 14:46 WIB
Cesc Fabregas (Getty Images)

La Masia dikenal sebagai akademi sepak bola terbaik dunia. Sederet nama top lahir dari akademi milik Barcelona ini.

Premier League menjadi salah satu liga yang rajin memboyong bibi-bibit muda La Masia. Beberapa pemain berhasil bersinar di sana, tetapi ada pula yang meredup.

Berikut ini adalah daftar jebolan La Masia yang saat ini merumput di kasta tertinggi sepak bola Inggris:

1. Cesc Fabregas (Chelsea)


Fabregas menempa ilmu di La Masia selama rentang waktu 1997-2003. Sempat membela Arsenal dan klub impiannya, Barcelona, ia kemudian kembali ke Inggris untuk membela Chelsea pada 2014.

2. Bojak Krkic (Stoke)


Bojan bergabung dengan La Masia saat masih berusia delapan tahun (1999). Selang sembilan tahun kemudian, ia melakoni debutnya bersama tim senior Barcelona. Namun, lantaran sulit mendapat tempat di tim utama, Bojan terpaksa pergi ke luar Spanyol untuk melanjutkan karier.

3. Marc Muniesa (Stoke)


Tampil menonjol di La Masia, Muniesa mendapat promosi ke tim senior Barcelona. Debut pemain berusia 23 tahun ini terjadi dalam partai melawan Osasuna pada 23 Mei 2009. Namun, ia hanya dua kali tampil bersama Lionel Messi dkk. Minimnya kesempatan bermain membuat Muniesa hengkang ke Stoke City.

4. Oriol Romeu (Chelsea)


Romeu berusia 13 tahun tahun ketika masuk La Masia pada 2004. Ia menempa diri di sana selama lima tahun.

5. Hector Bellerin (Arsenal)


Nama Bellerin sedang naik daun di Premier League. Sebelum mendarat di Inggris, bek sayap yang dikenal memiliki kecepatan ini mengenyam pendidikan di La Masia dari 2003 sampai 2011.

6. Jon Toral (Arsenal)


Toral satu angkatan dengan Bellerin. Pada musim panas 2011, kedua pemain ini sama-sama meninggalkan La Masia dan bergabung ke akademi sepak bola Arsenal.

7. Gerard Deulofeu (Everton)


Deulofeu masuk La Masia sejak 2003. Saat itu usianya masih sembilan tahun. Delapan tahun berselang, ia mendapatkan debut bersama tim senior. Winger kelahiran Riudarenes ini kemudian dipinjamkan ke Everton dan Sevilla setelah hanya tampil dua kali.