Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tahun 2016, Klopp Gantikan Guardiola?

By Jalu Wisnu Wirajati - Jumat, 31 Juli 2015 | 16:38 WIB
Josep Guardiola saat memimpin latihan Bayern Muenchen. (Dok. FC Bayern)

  MUENCHEN, JUARA.net — Juergen Klopp kemungkinan bakal menjadi pelatih Bayern Muenchen pada 2016 menggantikan Josep Guardiola. Demikian dikatakan gelandang legendaris Jerman, Steffan Effenberg. 

Kontrak Guardiola bersama Bayern bakal berakhir pada musim panas tahun depan. Hingga kini, belum ada negosiasi pembaruan di antara kedua belah pihak. 

Manchester City dikabarkan tertarik menggunakan jasa mantan pelatih  Barcelona tersebut. Guardiola pun beberapa waktu lalu sempat mengaku berhasrat melatih klub Premier League suatu saat nanti. 

"Saya yakin Guardiola tidak akan lagi melatih Bayern setelah 2016. Siapa yang dapat menggantikannya? Saya memikirkan Juergen Klopp. Dia jelas adalah alternatif untuk Guardiola di Muenchen,"ujar Effenberg

Guardiola mengambil alih kendali The Bavarians dari tangan Jupp Heynckes setelah raksasa Bundesliga itu menorehkan sejarah ketika meraih tiga gelar (treble winners) pada musim 2012-2013. Kala itu, FC Hollywood memboyong gelar Bundesliga, DFB-Pokal, dan Liga Champions.

Pada awal kepemimpinannya, Guardiola berhasil membawa Bayern mempertahankan gelar Bundesliga, meskipun gagal mempertahankan trofi Liga Champions.