Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Butuh Minimal Empat Bulan untuk Menggelar KLB FIFA

By Wisnu Nova Wistowo - Rabu, 3 Juni 2015 | 01:28 WIB
Sepp Blatter (AFP)

19 di Zurich, Selasa (2/6). Kendati sudah resmi diumumkan, namun untuk bisa menggelar kongres luar biasa tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat.

Domenico Scala mengatakan butuh minimal empat bulan untuk bisa kembali menggelar pemilihan presiden baru.

"Berdasarkan statuta FIFA dibutuhkan empat bulan untuk bisa kembali melakukan pemilihan presiden. FIFA juga harus menentukan waktu yang tepat agar kandidat memungkinkan untuk mempresentasikan pemikiran untuk organisasi dan visi mereka," ujar Domenico Scala, Independent Chairman Of Fifa Audit & Compliance Committee.

"Keputusan menetapkan waktu mengadakan kongres luar biasa dan pemilihan presiden baru ditentukan komite eksekutif. Diperkirakan akan diadakan antara rentang waktu Desember tahun ini hingga Maret tahun depan," ucapnya.

Sepp Blatter memutuskan mundur sebagai Presiden FIFA menyusul meningkatnya tekanan terkait tuduhan korupsi yang melibatkan 14 pejabat organisasi dunia tersebut.

Padahal ia baru kembali menjabat sebagai Presiden FIFA kurang dari satu pekan sejak pemilihan pada 29 Mei di Zurich. Itu merupakan kali kelima bagi Blatter terpilih untuk menjabat presiden FIFA.