Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Arda Turan: Xavi Tidak Tergantikan

By Jalu Wisnu Wirajati - Sabtu, 11 Juli 2015 | 12:20 WIB
Arda Turan (Lluis Gene/Getty Images)

Pemain anyar Barcelona, Arda Turan, menepis anggapan bahwa dirinya sengaja didatangkan untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Xavi Hernandez. Eks penggawa Atletico Madrid itu menyatakan bahwa Xavi tidak tergantikan.

Arda Turan resmi diperkenalkan di Barcelona Jumat (10/7). Pemain 28 tahun itu kabarnya diboyong dengan biaya transfer senilai 24 juta pound (496 miliar rupiah).

Manajemen Barcelona diklaim mendatangkan Turan sebagai pemain yang bakal mengisi posisi yang ditinggalkan Xavi Hernandez. Sang pemain memilih untuk melanjutkan karier di klub Qatar, Al Sadd.

Namun, Turan tidak ingin disebut dirinya sebagai pengganti pemain pengoleksi 700 penampilan tersebut. Menurutnya, Xavi adalah pemain yang menjadi simbol Barca dan tidak akan pernah tergantikan.

"Tidak ada yang bisa menggantikan posisi Xavi karena dia salah satu dari pesepak bola dunia. Dia akan selalu menjadi simbol Barca," kata Turan seperti dikutip Sport.

"Dia adalah idola bagi semua orang, bukan hanya klub. Saya merupakan pemain dari tipe yang berbeda. Saya datang untuk melakukan hal-hal yang besar, tetapi tidak akan menjadi Xavi. Saya ingin menang atas fans dengan permainan saya sendiri," jelas pemain asal Turki itu.