Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kenal Lebih Dekat - Aleksandar Mitrovic

By Firzie A. Idris - Selasa, 21 Juli 2015 | 16:10 WIB
(Newcastle United)

Newcastle United merampungkan pembelian striker Aleksandar Mitrovic pada Selasa (21/7/2015). Magpies terhitung berani merogoh kocek hingga 13 juta pounds bagi pemuda berusia 20 tahun tersebut dari Anderlecht. Berikut adalah beberapa fakta tentang Mitrovic.

Mitrovic datang ke St. James' Park sebagai pembelian termahal keempat sepanjang sejarah Magpies.

Sang pemuda lahir di Smederevo, kota di bantaran Sungai Danube di Serbia, sekitar 45 kilometer dari Belgrade. Ia menimba ilmu di tim besar ibukota Serbia tersebut, Partizan Belgrade.

Ia menyelesaikan musim debutnya di Partizan sebagai pencetak gol terbanyak klub dengan 15 gol di semua kompetisi dan masuk ke Tim Terbaik Liga Serbia 2012-13.

Penampilan trengginas sang pemain membujuk klub Belgia, Anderlecht, untuk merekrutnya pada musim panas 2013 dengan banderol 5 juta euro, memecahkan rekor transfer klub.

Ia secara seketika membuktikan harganya dengan menciptakan dua assist saat turun dari bangku cadangan kontra Zulte-Waregam pada laga debutnya. Uniknya, dua bulan kemudian ia terpaksa bermain di bawah mistar gawang setelah kiper Silvio Proto diusir wasit pada laga Liga Champions kontra Olympiacos.

Posturnya menjadi kekuatan sang pemain, ia menggelora apabila diberi umpan-umpan silang. Tandukannya maut. Sky Sports mencatat bahwa persentase tinggi golnya datang setelah ia mendapat umpan dari sisi sayap. Mitrovic adalah striker tertajam di Liga Belgia dalam dua musim terakhir dengan mencetak 36 gol.

Sang pemain pernah mencetak gol kontra lawan dari Inggris sebelumnya, yakni kala Anderlecht secara terkenal menyamakan kedudukan kontra Arsenal di Emirates setelah tertinggal 0-3 pada Desember 2014. Ia mencetak gol yang membuat skor laga jadi 3-3 pada menit ke-90. Gol tersebut adalah salah satu dari 27 gol yang ia cetak sepanjang musim 2014-15.

Penampilan nyeleneh dan potongan rambut eksentrik sang pemain sering membuatnya kerap disamakan dengan Mario Balotelli. Apalagi, ia memakai nomor punggung 45 serta tubuhnya penuh tato dan ia terkadang sering vulgar dalam merayakan gol.

Namun, pelatihnya di Anderlecht, Besnik Hasi, menggambarkan peneyrang timnas Serbia ini sebagai salah satu pemain paling rajin yang pernah bekerja sama dengannya.

"Saya sangat bahagia untuk bergabung bersama Newcastle," ujar Mitrovic di situs resmi klub. "Newcastle memiliki stadion fantastis. Saya telah banyak bermain di stadion-stadion memukau tapi St. James' Park sangat besar. Saya tak sabar untuk memainkan laga pertama di sini."