Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

'Wayne Rooney' Korut Bisa Bersua Irfan Bachdim

By Firzie A. Idris - Jumat, 10 Juli 2015 | 21:38 WIB
Penyerang Korea Utara, Jong Tae-se di Piala Dunia 2010 (Getty Images)

Striker Korea Utara, Jong Tae-Se yang dijuluki "Wayne Rooney" dari Korea ini telah menandatangani kontrak dengan klub Jepang, Shimizu S-Pulse. Jong (31), memutuskan hengkang dari tim Korea Selatan, Suwon Bluewings. Hal ini memungkinkan Jong untuk bertemu pesepak bola Indonesia, Irfan Bachdim.

"Saya ingin mendedikasikan diri ke Shimizu S-Pulse," kata Jong dalam laman ESPN. "Saya ingin mengukir sejarah dan kehormatan di dalam hati saya dan hati para penggemar."

Julukan "Wayne Rooney" disematkan kepada dirinya setelah memimpin Korea Utara lolos ke Piala Dunia 2010, dimana itu pertama kalinya mereka sampai putaran final dalam 44 tahun terakhir, meskipun mereka harus menelan kekalahan dalam tiga laga grup.

Penyerang berkepala plontos ini sebelumnya pernah bermain untuk klub J-League lain, yakni Kawasaki Frontale. Dalam 112 penampilan, dia berhasil menggelontorkan 46 gol dalam rentang 2006-2010.

Jong juga sempat mencicipi kerasnya Liga Jerman saat pindah ke Bochum pada 2010 dan kemudian Cologne pada 2012, tetapi dia kesulitan menemukan permainan terbaiknya.

Tiba di Negeri Sakura, Jong bisa berduel dengan striker harapan tanah air, Irfan Bachdim. Pemilik nama lengkap Irfan Haarys Bachdim itu memang bermain di divisi dua Liga Jepang bersama Consadole Sapporo, namun mereka bisa berjumpa di kompetisi Emperor's Cup (seperti Piala Liga di Inggris), yang mengikut sertakan semua klub Jepang dari divisi teratas sampai terbawah. Ajang ini mulai dihelat pada 29 Agustus 2015.

S-Pulse sendiri saat ini masih menjadi juru kunci dari total 18 tim divisi satu Liga Jepang. Mereka hanya menang tiga kali dari 17 pertandingan. Kehadiran Jong Tae-Se diharapkan Pelatih Katsumi Oenoki dapat mengangkat kinerja klub.