Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sterling, Pemain Muda Paling Bernilai di Eropa

By Pipit Puspita Rini - Rabu, 8 Juli 2015 | 23:12 WIB
Raheem Sterling (Michael Regan - The FA)

Sebuah studi yang dilakukan Soccerex menyimpulkan 20 nama yang masuk dalam daftar pemain muda paling bernilai di Eropa. Raheem Sterling memuncakki daftar tersebut.

Soccerex adalah perusahaan yang bergerak di bidang bisnis sepak bola. Pada awalnya, perusahaan berbasis di London, Inggris, ini hanya berfokus pada penyelenggara kegiatan sepak bola. Belakangan, Soccerex juga berkonsentrasi pada analisis sepak bola. Penentuan pemain muda paling bernilai 2015 adalah analisis terkini.

Subjek yang dipelajari adalah pemain yang pada 2015 berusia 21 tahun atau lebih muda yang bermain bagi klub-klub Eropa. Hal tersebut yang membuat tidak ada nama bomber Tottenham, Harry Kane, di dalam daftar mengingat ia berumur 22 tahun pada 2015.

Metode penelitian yang digunakan bernama Football Value Index di mana pemain dinilai berdasarkan sejumlah syarat, seperti umur, posisi, menit bermain, cedera, dan kualitas teknis baik di klub maupun timnas. Faktor penilaian lain adalah sisa durasi kontrak pemain dan persepsi nilai pemain tersebut di pasar.

Setelah diakumulasikan, pemain tersebut mendapat nilai sesungguhnya. Sterling dinyatakan sebagai pemain muda paling bernilai dengan harga 35 juta poundsterling (hampir Rp 722 miliar). Hasil penelitian ini dapat membantu klub sebagai pertimbangan berapa harga yang pantas tatkala membeli pemain muda, seperti Sterling.

Penyerang Liverpool itu merupakan salah satu komoditi panas di bursa transfer musim panas 2015. Isu yang beredar, Manchester City bersedia membelinya dengan harga 45-50 juta poundsterling. Apakah City masih berani mengucurkan dana tersebut mengetahui bahwa harga Sterling “cuma” 35 juta poundsterling?

10 BESAR PEMAIN U-21 PALING BERNILAI DI EROPA

RAHEEM STERLING
Usia: 20
Klub: Liverpool
Posisi: Gelandang serang/penyerang
Nilai: 35

MARQUINHOS
Usia: 21
Klub: PSG
Posisi: Bek tengah
Nilai: 27,8

MEMPHIS DEPAY
Usia: 21
Klub: Man. United
Posisi: Sayap kiri
Nilai: 23,8

DOMENICO BERARDI
Usia: 20
Klub: Sassuolo
Posisi: Striker
Nilai: 21,6

JOSE GIMENEZ
Usia: 20
Klub: Atletico
Posisi: Bek tengah
Nilai: 21,4

HAKAN CALHANOGLU
Usia: 21
Klub: Leverkusen
Posisi: Gelandang serang
Nilai: 19,4

MATEO KOVACIC
Usia: 21
Klub: Internazionale
Posisi: Gelandang
Nilai: 18,5

JOSE GAYA
Usia: 20
Klub: Valencia
Posisi: Bek kiri
Nilai: 18,3

LUKE SHAW
Usia: 19
Klub: Man. United
Posisi: Bek kiri
Nilai: 18

AYMERIC LAPORTE
Usia: 21
Klub: Bilbao
Posisi: Bek tengah
Nilai: 17

Ket: nilai dalam juta pound