Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kejutan Dnipro Berakhir, Sevilla Pertahankan Gelar

By Wisnu Nova Wistowo - Kamis, 28 Mei 2015 | 03:42 WIB
Sevilla pertahankan gelar Liga Europa (Getty Images)

Sevilla sukses mempertahankan status sebagai juara Liga Europa usai mengalahkan Dnipro Dnipropetrovsk di final yang berlangsung di National Stadium, Warsawa, Kamis (28/5) dini hari WIB.

Setelah sempat lebih dulu tertinggal Sevilla akhirnya bisa memastikan kemenangan 3-2 atas Dnipro Dnipropetrovsk. Carlos Bacca mencetak dua gol dan satu gol lain diciptakan Grzegorz Krychowiak, sedangkan dua gol torehan Dnipro lahir dari Nikola Kalinic dan Ruslan Rotan.

Di pertandingan ini Sevilla memang lebih difavoritkan untuk bisa menjadi pemenang. Namun, Dnipro yang tidak diunggulkan sejak fase gugur sudah terbukti selalu bisa membuat kejutan.

Kejutan Yevhen Konoplyanka dkk. sempat kembali terjadi saat Nikola Kalinic mencetak gol pembuka saat laga baru berusia tujuh menit. Akan tetapi, Sevilla mampu membalas dan menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-28. Gol tersebut dicetak Grzegorz Krychowiak.

Tanda-tanda kejutan Dnipro berakhir di kompetisi mulai terlihat saat Carlos Bacca mencetak gol sekaligus membalikkan keadaan tiga menit setelah gol Krychowiak. Kendati demikian, Dnipro kembali masih sanggup mencetak gol dan membuat skor kembali imbang. Ya, pada menit ke-44 Ruslan Rotan mencetak gol yang membuat pertandingan seri 2-2 dan bertahan hingga jeda.

Di babak kedua pertandingan kembali berjalan dengan tempo tinggi. Kedua tim saling membalas serangan.

Namun, Sevilla lebih efektif kali ini. Pada menit ke-73 Bacca membuat pertandingan kembali menegangkan dengan torehan golnya yang membuat Sevilla unggul 3-2.

Dalam upaya untuk bisa kembali mencetak gol, Dnipro malah mengalami kerugian dan kesulitan hebat usai Matheus mengalami cedera. Pelatih Myron Markevych tidak lagi bisa memasukkan pemain lain karena sudah menggunakan tiga jatah pergantian.

Hingga pertandingan berakhir tidak ada lagi gol tercipta. Sevilla pun memastikan diri bisa mempertahankan gelar juara Liga Europa. Mereka juga mencetak sejarah baru sebagai juara terbanyak dengan empat gelar dan satu-satunya tim yang mampu mempertahankan status sebagai juara Liga Europa.

Susunan pemain

Dnipro: 71-Denys Boyko; 44-Artem Fedetskiy, 23-Douglas, 14-Yevhen Cheberyachko, 12-Leo Matos; 7-Jaba Kankava (28-Yevhen Shakhov 85), 25-Valeriy Fedorchuk (19-Roman Bezus 68); 99-Matheus, 29-Ruslan Rotan, 10-Yevhen Konoplyanka; 9-Nikola Kalinic (11-Yevhen Seleznyov 77).

Sevilla: 29-Sergio Rico; 22-Aleix Vidal, 6-Daniel Carrico, 15-Timothee Kolodziejczak, 2-Benoit Tremoulinas; 25-Stephane M'Bia, 4-Grzegorz Krychowiak; 10-Jose Antonio Reyes (23-Coke 59), 19-Ever Banega (12-Victor Iborra 89), 20-Vitolo; 9-Carlos Bacca (7-Kevin Gameiro 82).