Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Klub Ini Terdegradasi dari La Liga Secara Tragis

By Indra Citra Sena - Senin, 25 Mei 2015 | 23:51 WIB
Gaizka Garitano, langsung mengundurkan diri usai Eibar terdegradasi. (Juan Manuel Serrano Arce/Getty Images)

18 dalam tabel klasemen akhir.

Pada pekan pamungkas, Sabtu (23/5), Eibar memang berhasil meraup kemenangan telak 3-0 atas Cordoba. Akan tetapi, hasil tersebut nyatanya tak menjamin keselamatan Armeros alias Si Pembuat Senjata dari jeratan degradasi.

Melihat tabel klasemen, kubu Eibar mengoleksi 35 poin, setara dengan dua tim lain, Granada dan Deportivo La Coruna. Hanya, mereka memiliki rekor head-to-head yang buruk menghadapi kedua klub itu sehingga harus menerima nasib turun kasta menemani Almeria dan Cordoba. 

Situasi ini sekaligus menjadi penutup yang pahit bagi dongeng Eibar. Setahun silam, tepatnya 25 Mei 2014, Armeros memastikan diri promosi ke La Liga meski baru semusim merasakan atmosfer Segunda Division.

Kepastian degradasi Eibar membuat pelatih Gaizka Garitano terpukul. Dia lantas memutuskan undur diri dari jabatannya sebagai bentuk tanggung jawab karena gagal menunaikan misi bertahan di La Liga.

“Siklus kami sudah berakhir. Seorang pelatih yang gagal menghindarkan timnya dari degradasi tak punya hak untuk bertahan. Saya harus pergi,” ujar Garitano seperti dikutip dari As.