Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Francesco Totti Dukung Sepakbola Wanita

By Ade Jayadireja - Jumat, 22 Mei 2015 | 18:42 WIB
Francesco Totti (Getty Images)

Kapten AS Roma, Francesco Totti, mengemukakan pendapatnya yang menentang komentar diskriminatif terhadap sepak bola wanita. Ia memberikan dukungan penuh untuk para perempuan yang menjadikan si kulit bundar sebagai profesi.

Ketua Italian National Amateur League, Felice Belloli, menjadi salah satu orang yang bersikap sinis terhadap sepak bola wanita. Hal ini ia tunjukkan dalam rapat yang membahas anggaran untuk olah raga di Negeri Pizza. Perbuatan tersebut memicu kemarahan dari banyak pihak, termasuk sang Pangeran Roma.

Dalam tulisan di website pribadinya, francescototti.com, Totti menyatakan pendiriannya terhadap masalah ini. Ia menuturkan bahwa sepak bola adalah untuk dicintai dan dinikmati oleh semua orang.

"Olah raga itu milik semua orang: pria, wanita, anak-anak, dan terutama untuk orang-orang yang cacat," papar pemain bernomor 10 itu pada kalimat pembuka.

"Sepak bola adalah tombak olah raga di Italia dan kami harus memberikan respek untuk sepak bola wanita sama persis seperti yang diberikan untuk sepakbola pria," lanjut legenda Roma itu.

"Kami semua adalah bagian dari keluarga yang sama, keluarga dari olahraga terbaik di dunia," tutup Totti, yang memiliki andil besar saat Azzurri meraih Piala Dunia 2006.