Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Ronaldinho Diusir!

By Caesar Sardi - Rabu, 8 Juli 2015 | 19:44 WIB
Ronaldinho, siap meninggalkan Barcelona? (Gallo Images/Getty Images)

Tiada lagi pujian bagi Ronaldinho. Yang tersisa hanyalah cemoohan seiring dengan lunturnya kecintaan publik Catalan terhadap peraih gelar Pesepakbola Terbaik Dunia 2004 dan 2005 itu.

Duel Barcelona versus Real Madrid yang digelar di Camp Nou (23/12) bak mimpi buruk bagi Ronaldinho. Bukan hanya karena Barca menelan kekalahan 0-1 dari El Real, tetapi gara-gara sikap ribuan pendukung tuan rumah yang terus melontarkan kata-kata kasar sepanjang pertandingan terhadap penyerang asal Brasil tersebut.

Seakan belum puas, sejumlah suporter pun mengulang aksi serupa keesokan harinya. Tepatnya ketika Ronaldinho tengah berada di Bandara El Prat bersama Robinho dan Julio Baptista untuk bertolak menuju ke Brasil.

Robinho, yang keluar dari mobil lebih dahulu, disambut dengan tepuk tangan dan pujian. Sementara itu, Ronaldinho lagi-lagi disambut dengan caci maki. Bahkan beberapa suporter menyuruh pria bernama lengkap Ronaldo de Assis Moreira itu untuk tidak menginjakkan kaki di Barcelona lagi.

Insiden tersebut jelas memperkuat spekulasi mengenai kepergian Ronaldinho dari Barcelona. Apalagi sebelumnya ia sempat dikabarkan berselisih dengan pelatih Frank Rijkaard dalam sesi latihan pekan lalu.

Namun, isu tersebut langsung dibantah Direktur Olahraga Barcelona, Txiki Begiristain.

“Saat ini memang bukan periode yang menyenangkan bagi Ronaldinho. Namun, saya yakin dia akan kembali ke performa terbaiknya dan tetap bertahan bersama kami,” tegas Begiristain seperti dilansir situs The World Game. “Ronaldinho tidak akan dijual. Dia bahagia di Barcelona dan ingin terus bersama kami,” lanjutnya.

Milan Menunggu

Sayang, pernyataan Begiristain tidak mampu meredam isu transfer Ronaldinho. Kabarnya sejumlah klub sudah mulai bersiap-siap untuk menampung pemain yang masih terikat kontrak dengan Barcelona hingga 2010 tersebut, termasuk AC Milan dan Chelsea.

Hingga saat ini, Milan disebut sebagai salah satu klub yang paling bersemangat ingin meminang Ronaldinho. Konon, Presiden Milan, Silvio Berlusconi, terus memantau kelanjutan kisah pesepakbola berusia 27 tahun itu.

Di sisi lain, Berlusconi juga siap menyuruh salah satu agennya untuk mulai melakukan pendekatan terhadap Ronaldinho, yang tengah menghabiskan libur musim dingin di negara asalnya.

(Penulis: Wieta Rachmatia)