Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Serena Williams Juara Wimbledon

By Pipit Puspita Rini - Sabtu, 11 Juli 2015 | 21:37 WIB
Petenis Amerika Serikat, Serena Willimas, melakukan servis saat menghadapi petenis Spanyol, Garbine Muguruza, pada laga final Wimbledon di All England Club, London, Sabtu (11/7/2015). Williams menang 6-4, 6-4. (LEON NEAL/AFP PHOTO )

Petenis Amerika Serikat, Serena Williams, sukses meraih gelar Wimbledon keenamnya setelah menundukkan Garbine Muguruza (Spanyol) pada laga final yang berlangsung di All England Club, London, Sabtu (11/7/2015). Williams menang 6-4, 6-4, dalam 1 jam 22 menit.

Muguruza sempat menghadirkan kejutan pada awal pertandingan ketika mematahkan servis pertama Williams. Dia membuka pertandingan dengan unggul 2-0.

Williams bermain tenang. Petenis 33 tahun tersebut akhirnya berhasil menyamakan kedudukan setelah mematahkan servis Muguruza pada gim ke-8.

Juara Australia Terbuka dan Prancis Terbuka 2015 tersebut lalu memenangi dua gim berikutnya yang memastikannya memenangi set pertama dengan 6-4 dalam 44 menit.

Williams semakin dominan pada set kedua. Dia unggul 3-1 dengan mematahkan servis lawan pada gim keempat. Adik kandung Venus Williams tersebut memegang servis saat unggul 5-1.

Guburuza memberi perlawanan. Petenis 21 tersebut mampu mematahkan servis Williams pada gim ini yang membawanya mendekat 2-5, lalu 3-5.

Williams kembali mendapat serving for the match pada posisi 5-3. Persaingan memanas ketika dia tertinggal 0-40. Williams berhasil mengejar hingga memaksa deuce. Setelah beberapa kali deuce, Muguruza yang berhasil memenangi gim ini.

Williams merespons kegagalannya pada gim tersebut dengan mematahkan servis lawan pada gim berikutnya yang sekaligus memastikannya memenangi pertandingan.

Kemenangan ini membawa Williams mencatat "Serena Slam" - kemenangan beruntun pada empat turnamen Grand Slam berbeda - keduanya sepanjang karier.

Hasil ini juga memperbesar koleksi gelar Grand Slam Williams menjadi 21, atau terbanyak kedua di Open Era setelah Steffi Graf (22 gelar).