Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Libur Lebaran, PSMS Tetap Punya Program Latihan

By Tulus Muliawan - Kamis, 16 Juli 2015 | 06:00 WIB
Para pemain PSMS tetap mendapatkan program latihan selama libur Lebaran. (Abdi Panjaitan)

Keseriusan terus ditunjukkan PSMS Medan dalam mempersiapkan tim tampil menuju turnamen Piala Kemerdekaan. Meskipun diliburkan selama sepekan mulai 15 sampai 22 Juli untuk merayakan Lebaran, pemain tetap mendapat pekerjaan rumah.

Legimin Rahardjo dkk mendapat porsi latihan fisik individual selama liburan. Upaya ini dilakukan agar kondisi fisik para pemain tetap terjaga setelah libur Lebaran.

"Saya tetap akan memberikan sejumlah program latihan fisik yang sebaiknya dilakukan mereka setiap hari. Karena program ini sangat baik buat menjaga kebugaran mereka nanti, ketika latihan kembali," kata Ardi Nusri, pelatih fisik PSMS.

Dengan menjalankan program tersebut, Ardi yakin kondisi pemain akan tetap baik saat para pemain mengikuti latihan perdana 23 Juli nanti. Program apa saja yang dilakukan PSMS?

"Ada beberapa variasi latihan dengan bentuk, jogging, sprint, jalan, menjelajah, dengan bola dan mundur. Saya sudah jelaskan ke pemain lengkap dengan persentasenya. Dalam sehari setidaknya mereka harus menempuh 10 ribu meter," ucap Ardi.

Menurut Ardi, angka 10 ribu meter sebetulnya masih terlalu sedikit jika dibandingkan para pemain di luar negeri. Namun, ia tidak ingin membebani para pemain dengan tugas berat selama libur.

"Mereka (di luar negeri) menempuh jarak di atas 11 ribu meter ketika mereka tampil selama 90 menit. Bahkan ada yang bisa lebih dari itu, seperti (Andrea) Pirlo," kata Ardi.