Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jordan Henderson Kapten, James Milner Wakil

By Suryo Wahono - Kamis, 9 Juli 2015 | 22:45 WIB
Jordan Henderson (kiri), magang menjadi wakil kapten musim lalu. (Getty Images)

Jordan Henderson tak lama lagi secara resmi bakal dinobatkan sebagai kapten baru Liverpool. Dia menggantikan Steven Gerrard, kapten The Reds selama 12 tahun yang kini pindah ke LA Galaxy.

Banyak pengamat sudah memperkirakan bahwa Henderson memang calon pemimpin potensial. Walau musim lalu penampilan Liverpool sedang terpuruk, Henderson masih terlihat bersinar ketika dirotasi dalam persiapan untuk kepergian Gerrard.

Liverpool sendiri sudah pernah mengonfirmasi bahwa Henderson bakal mengambil alih ban kapten setelah menjalani masa magang sebagai wakil kapten musim lalu. Kini, tugas pertamanya antara adalah membimbing tujuh pemain baru Liverpool musim ini, supaya mengembalikan timnya ke empat besar dan lolos Liga Champion.

Henderson tiba di Merseyside pada 2011 seharga 20 juta poundsterling. Dia dibawah tekanan mengingat harga jualnya begitu tinggi untuk seorang pemain berumur 21 tahun. Akan tetapi, Henderson kemudian mampu mengulangi performa bagus saat bersama Sunderland dan Kenny Dalglish memberinya kesempatan besar.

Setelah kedatangan Rodgers, Henderson juga mampu membayar kepercayaan sang manajer dengan turut menginspirasi Liverpool hingga finis kedua di pengujung Premier League 2013-14, mengamankan tike ke kompetisi elit Eropa.

Kedatangan James Milner dari Manchester City boleh jadi adalah rencana cadangan Rodgers, yaitu bila timnya butuh pemain yang lebih disegani untuk menginspirasi permainan.