Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Vitor Baia: Casillas adalah Kiper Legendaris

By Firzie A. Idris - Rabu, 15 Juli 2015 | 12:46 WIB
Vitor Baia (Richard Heathcote/Getty Images)

Kiper legendaris FC Porto, Vitor Baia, meyakini dampak yang luar biasa dari kedatangan seorang Iker Casillas pada Minggu (12/7/2015) ke Estadio do Dragao. Baia yakin, penjaga gawang bertabur prestasi itu akan memberi efek positif bagi mantan klubnya.

"Dia adalah kiper legendaris, baik dalam sepak bola Spanyol maupun internasional. Dia memiliki nilai penting di semua tingkatan, bukan hanya dalam hal olahraga," tutur pesepak bola yang identik dengan nomor 99 itu, seperti dikutip Marca.

Menurut Baia, fakta bahwa Casillas yang berusia 34 tahun dan telah memenangi semua event bergengsi, seharusnya tidak menjadi halangan bagi eks bintang Los Merengues tersebut untuk tampil apik bersama Porto.

"Di klub barunya, dia harus menunjukkan bahwa dia masih berada di level teratas permainannya. Dia harus memiliki motivasi, dan dengan kemampuannya menjalani babak baru dalam kariernya," kata Baia.

Menurur Baia, Casillas akan melakuan lebih dari yang seharusnya. Dengan mendatangkan Casillas, Porto jelas punya keuntungan untuk memanfaatkan pengalaman sang pemain.

"Dia datang dari tim pemenang dan akan beradaptasi dengan cepat, karena dia tidak akan mendapatkan tekanan melebihi apa yang dirasakan ketika memperkuat Real Madrid. Dia akan menjadi jagoan baru di Porto," sambung portero terbaik Eropa pada edisi 2004 itu.