Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Muguruza dan Final Grand Slam Perdana

By Pipit Puspita Rini - Sabtu, 11 Juli 2015 | 12:11 WIB
Petenis Spanyol, Garbine Muguruza, mengembalikan bola dari petenis Polandia, Agnieszka Radwanska, pada laga semifinal Wimbledon di All England Club, London, Kamis (9/7/2015). (GLYN KIRK/AFP PHOTO)

Dua pekan terakhir ini jadi hari-hari bersejarah bagi petenis muda Spanyol, Garbine Muguruza. Datang sebagai unggulan ke-20, petenis 21 tahun tersebut berhasil menembus final salah satu turnamen Grand Slam, Wimbledon, yang akan digelar Sabtu (11/7/2015) siang waktu setempat (malam WIB).

"Saya terkejut, karena dua turnaman persiapan saya sebelum Wimbledon hasilnya tidak bagus, jadi bisa lolos ke final adalah luar biasa," kata Muguruza setelah mengalahkan Agnieszka Radwanska (Polandia) pada semifinal, Kamis (9/7/2015).

"Ini sangat berarti. Kamu berlatih keras sepanjang hidupmu untuk bisa mencapai final Grand Slam, berada di situasi seperti ini. Ini seperti mimpi, seperti sebuah hadiah atas semua kerja keras," ujar petenis berdarah campuran Spanyol-Venezuela tersebut.

Keberhasilan menembus final ini juga mendongkrak posisi Muguruza di ranking dunia. Untuk kali pertama dia akan menembus Top 10 dunia. Dia menjadi petenis keempat Spanyol yang berhasil melakukannya setelah Arantxa Sánchez-Vicario, Conchita Martínez, dan Carla Suárez Navarro.

Martinez merupakan petenis putri Spanyol terakhir yang menjuarai Wimbledon pada 1994. Mantan pemain yang kini menjadi kapten tim Piala Fed Spanyol tersebut punya peran besar dalam perjalanan Muguruza di Wimbledon tahun ini.

"Well, kami tertawa bersama karena saya berkata, 'Conchita, aku tidak yakin soal lapangan rumput'. Dia menjawab, 'Ayolah, kamu bisa bermain bagus'. Dia mengatakan hal itu setiap hari, setiap pertandingan, untuk terus berusaha, 'Kamu melakukannya dengan luar biasa'. Dia memberi saya kekuatan," cerita Muguruza tentang percakapannya dengan Martinez.

Dua pekan lalu, lapangan rumput bukanlah favorit Muguruza. Namun kini, pemain yang mulai berlatih tenis ketika masih berusia tiga tahun tersebut berhasil memupus semua keraguan dan sukses menapaki partai puncak.

Pada final Grand Slam pertama sepanjang kariernya tersebut, Muguruza akan bertemu lawan tangguh, yaitu pemilik 20 gelar Grand Slam, Serena Williams. Keduanya sudah bertemu tiga kali, dan Muguruza pernah sekali mengalahkan Williams.