Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Keown: Terry Lebih Hebat Dibanding Sol Campbell

By Verdi Hendrawan - Jumat, 1 Mei 2015 | 16:15 WIB
Martin Keown (David Price/Getty Images)

Mantan bek Arsenal, Martin Keown, mengatakan kepada Daily Mail bahwa ia percaya kapten Chelsea, John Terry, adalah bek yang lebih hebat dari mantan rekannya, Sol Campbell.

Mantan punggawa The Gunners ini memiliki keyakinan kalau Terry adalah yang terbaik di generasinya. Hanya pemain berusia 34 tahun itu lah yang layak disejajarkan dengan Rio Ferdinand, yang akan memutuskan pensiun di tahun ini.

Keown bermain bersama Campbell di Arsenal pada musim 2003/04 dan membuat rekor tak terkalahkan selama satu musim Premier League, yang hingga kini membuat timnya disebut Invincibles team.

"Jika Anda membandingkan orang di angkatan mereka, maka Terry dan Ferdinand telah menjadi yang terbaik. Sol Campbell tidak kalah jauh jika ia dibandingkan dalam periode yang sama," papar Keown menjelaskan.

Keown menambahkan bahwa ia merasa Terry telah melakukan tugasnya dengan baik untuk mengatasi kelemahan utamanya dalam permainan dan telah menjadi bek yang konsisten sekaligus mengesankan.

"Kecepatan menjadi satu-satunya hal yang ia tidak miliki dan ia telah mengatasinya, tetapi jika ia memiliki kecepatan, kemampuannya benar-benar tidak akan diragukan lagi, dan dia adalah yang terbaik (di sepanjang sejarah Liga Premier)," ujar Keown, yang juga mempersembahkan gelar Liga Inggris untuk Arsenal di musim 1997/98 dan 2001/02.

Mantan bek Tottenham, Campbell, telah membuat salah satu transfer paling kontroversial di era Premier League ketika ia meninggalkan klubnya untuk bergabung ke Arsenal dengan status bebas transfer.

Sementara Terry, fokus membela satu klub sepanjang karirnya, dan di usianya yang ke 34 tahun ini, sebentar lagi ia akan memenangkan gelar liga Inggris keempat bersama Chelsea. Campbell memenangkan liga Inggris dua kali dan memenangkan tiga Piala FA. Untuk Piala FA, Terry telah mengoleksi lima titel.