Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bijahil Chalwa, dari Bertani Sampai Main Tarkam

By Tulus Muliawan - Selasa, 30 Juni 2015 | 19:00 WIB
Bijahil Chalwa, siap tampil di Lig Ramadan Krian bersama Bojonegoro All Star. (Sahlul Fahmi/JUARA.net)

Mantan penyerang Persela Lamongan, Bijahil Chalwa, akan bergabung dalam tim Bojonegoro All Star yang ikut andil dalam turnamen Liga Ramadan Krian.

Chalwa memperkuat tim daerah asalnya tersebut bersama Zainuri, bek Persebaya yang juga berasal dari Bojonegoro. Selain itu, ada beberapa nama pemain Bojonegoro lain yang membela klub-klub divisi utama.

“Saya, Zainuri, serta teman-teman lainnya yang kebanyakan bermain di divisi utama sengaja membentuk tim yang kami beri nama Bojonegoro All Star. Kami sepakat untuk menjadi partisipan di Liga Ramadan Krian. Meski hanya berlevel tarkam namun kami sangat antusias mengikutinya,” kata pemain kelahiran 30 November 1990 ini.

Chalwa tak munafik bahwa apa yang dilakukannya ini adalah untuk mendapatkan uang tambahan. Sebab, sejak klub dibubarkan pada pertengahan Mei 2015, dirinya tak lagi mendapatkan gaji bulanan dari manajemen Persela.

Kondisi ini membuat Chalwa harus memutar otak untuk mencari penghasilan lain dengan berbagai cara. Beberapa diantaranya adalah dengan mengikuti turnamen serta mengelola kebun milik orang tuanya.

“Jangankan bermain tarkam, bertani saja saya lakukan. Bagi saya yang penting bisa mendapatkan uang. Akhir-akhir ini semenjak tinggal di rumah, saya membantu orang tua mengelola kebun yang ditanami berbagai macam tanaman seperti jambu biji, terong dan cabe,” ucap Chalwa.