Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Chelsea Mengukir Sejarah di New Wembley

By Caesar Sardi - Kamis, 9 Juli 2015 | 22:25 WIB
Chelsea, juara pertama di The New Wembley. (Shaun Botterill/Getty Images)

0 pada final Piala FA di Wembley, 19 Mei 2007. Trofi menjadi amat penting karena dua pekan sebelumnya United baru menobatkan diri sebagai juara Premier League. Gol Drogba tercipta saat perpanjangan waktu hanya menyisakan satu menit lagi, yakni pada menit ke-119.

Bagi The Blues, ini gelar keempat di pentas Piala FA dan yang ketiga dalam satu dekade terakhir. Pada 1997, Chelsea mengalahkan Middlesbrough 2-0. Tiga tahun berikutnya, pada tahun 2000, Chelsea menghentikan Aston Villa 1-0 dan itu menjadi final terakhir di Wembley lama sebelum direnovasi.

Final pada 2007 merupakan yang pertama di The New Wembley. Artinya Chelsea mencatat sejarah sebagai tim juara terakhir di Wembley lama dan yang pertama di Wembley baru.

Tambahan satu trofi tersebut membuat gelar juara yang dikumpulkan Chelsea selama tiga tahun ditangani Jose Mourinho menjadi enam gelar. Sebelumnya Chelski sudah mendapatkan juara Premier League (2005, 2006), Carling Cup (2005, 2007), dan Community Shield (2005).

“Kami mendapatkan semua trofi di sepakbola Inggris dalam tiga tahun. Ini sesuatu yang pantas didapatkan para pemain karena musim sulit yang harus dilalui. Ini momen bagi semua orang untuk senang,” kata Jose Mourinho seusai pertandingan kepada 4thegame.

“Kami pantas memasuki periode liburan dengan piala ini dan sebuah medali. Tim bermain sangat bagus, mereka sangat memahami rencana. Fan ada di hati saya, pada momen-momen buruk maupun indah. Saya cinta orang-orang ini. Para pemain pantas menang dan kemenangan ini untuk mereka serta para suporter. Kami punya rencana permainan serta tahu bagaimana mengalahkan mereka, dan para pemain melakukannya.”

(Penulis: Yudhi F. Oktaviadhi)