Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Arda Turan Tak Lagi Jago Berlari?

By Selasa, 30 Juni 2015 | 20:11 WIB
Arda Turan, siap hengkang dari Atletico. (Getty Images)

Pada beberapa waktu silam, agen Arda Turan, Ahmet Bulut mengapungkan niat sang klien untuk meninggalkan Atletico Madrid

Secara spesifik, Bulut juga menyebut bahwa Premier League bakal menjadi destinasi Arda pada musim 2015/16. Terdapat tiga klub yang gencar dikait-kaitkan dengan pemain berkebangsaan Turki tersebut, yakni Chelsea, Liverpool, dan Manchester United.

Ketiga klub tersebut dirasa sangat mampu menebus klausul pelepasan Arda yang bernilai 41 juta euro. Kontrak pria 28 tahun itu di Atletico masih berlaku sampai 2017.

Atletico mungkin akan lebih suka melepas Arda ke Chelsea. Transaksi tersebut bakal membuka kemungkinan bagi Filipe Luis untuk kembali ke Vicente Calderon.

Di Chelsea, Luis bukanlah bek kiri utama. Ia kalah bersaing dengan Cesar Azplicueta. Gayung bersambut, Atlletico memang butuh bek kiri baru. Performa Guilherme Siqueira musim lalu tampak kurang memuaskan pelatih Diego Simeone.

Simeone beberapa kali memercayakan Jesus Gamez guna menyisir sisi kiri pertahanan Atleti, meski sejatinya posisi natural sang pemain adalah bek kanan.   

Belakangan Arda membantah bahwa ia berniat angkat kaki dari Vicente Calderon. Namun, ia juga mengakui terdapat sejumlah negosiasi dengan klub-klub lain.

“Rumor transfer yang berkembang tak sepenuhnya benar. Agen saya tengah berkomunikasi dengan tiga atau empat klub. Saya akan memberikan kabar terbaru jika kesepakatan telah terjalin,” kata Arda.

Andai Arda pergi, hal yang paling dicemaskan fan Atletico adalah ketiadaan sosok pekerja keras di dalam tim. Arda adalah tipe pemain sayap disiplin yang tak kenal lelah memburu bola.
 
Dalam strategi Simeone yang menuntut banyak pergerakan, tipe pemain seperti Arda sangat diperlukan. Namun, statistik yang dimuat Marca menunjukkan bahwa Arda musim lalu bukanlah pelari terjauh Simeone.

Dibandingkan pemain Atletico yang lain, jarak jelajah Arda hanya nangkring di urutan ke-10. Apakah data tersebut yang memicu kerelaan Simeone melepas Arda dan mencari “pelari” baru?
 
Atletico belakangan dikaitkan dengan Yevhen Konoplyanka (Dnipro) dan Kevin de Bruyne (Wolfsburg).

Ket.: Statistik adalah rataan per gim