Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

PSV Cerai dengan Philips

By Ade Jayadireja - Kamis, 23 April 2015 | 15:09 WIB
Kostum PSV (Footyheadline)

Selama 30 tahun identik dengan logo Philips di bagian depan jersey, PSV Eindhoven secara resmi mengumumkan tidak akan memperpanjang kerja sama dengan perusahaan lampu itu sebagai sponsor utama klub.

PSV yang pekan lalu memastikan gelar juara Eredivisie yang ke-22 kali sejak 2008 silam, mengumumkan kerjasama dengan Umbro sebagai apparel klub untuk musim 2015-2016. Namun, kerjasama dengan apparel Umbro yang berlangsung selama lima tahun tidak dibarengi dengan penambahan kontrak sponsorship dengan Philips.

Philips Sport Vereniging atau yang dikenal PSV terbentuk pada 1913 sebagai tim untuk karyawan Philips. Sejatinya nama PSV memang menjadi bagian Philips, namun PSV tampaknya harus melepas nama Philips di jersey mereka.

Philips menjelaskan bahwa keputusan mundur sebagai sponsor utama PSV bukan karena masalah keuangan, melainkan lebih karena perubahan organisasi perusahaan yang kini lebih mengembangkan peralatan medis ketimbang elektronik untuk umum. Perubahan inilah yang membuat target konsumen Philips berubah.

“Kami memahami dampak dari situasi ini. Tapi ikatan kami dengan Philips tetap kuat dan pada akhirnya PSV bisa meningkatkan pendapatan komesial dengan sponsor baru. Philips dan PSV yakin akan hal ini,” ujar Toon Gerbrands, Direktur PSV.

Walau tak lagi berada di jersey PSV nantinya, hubungan bisnis mereka tetap terjaga. Karena Philips masih akan mensponsori nama stadion PSV. Sektor itu dipandang Philips penting, walau menjadi mitra sponsor nomor dua dengan nama Philips Stadium.