Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Mourinho Di Persimpangan Camp Nou

By Caesar Sardi - Kamis, 25 Juni 2015 | 20:00 WIB
Jose Mourinho, bisa memilih Barcelona. (Chris Young/AFP )

Jose Mourinho dikhawatirkan lebih memilih Camp Nou daripada markas FA di Soho Square dan Barcelona akan segera memecat Frank Rijkaard. Demikian kabar yang beredar di media Inggris hingga Minggu malam.

Pekerjaan the Dutchman di El Barca terancam setelah lebih dari empat tahun bertugas di raksasa Spanyol asal Catalan tersebut. Rijkaard disebut bakal dilengserkan sebelum Natal, lantas mantan bos Chelsea, Mourinho, yang masuk daftar lima manajer top incaran Chief Executive Brian Barwick, akan menggantikannya.

Itu artinya FA harus bergerak cepat jika The Special One akan dijadikan The Chosen One. Menurut Sunday Express, pada Jumat lalu FA telah berbicara dengan Jorge Mendes, agen Mourinho, dengan tawaran gaji 6 juta pound atau sekitar 112,9 miliar rupiah per tahun. Namun, masih ada kekhawatiran di Soho Square bahwa pelatih asal Portugal tersebut lebih memilih Camp Nou.

Karena itu, Daily Mail menyarankan agar FA membuat keputusan sebelum Natal sekaligus menjelang persiapan Inggris melawan Swiss dalam uji coba pada 6 Februari.

The Sun bahkan memberitakan bahwa secara diam-diam Mourinho (44) telah datang ke London menggunakan jet pribadi dengan memakai jas panjang khasnya untuk bertemu Barwick. Ia tiba di bandara yang biasa digunakan para selebritas seperti David Beckham dan Elton John, tapi nama bandara itu tidak disebutkan.

Diberitakan pula bahwa setelah berbicara dari hati ke hati dengan istrinya, Tami (41), yang sangat merindukan kehidupan London setelah meninggalkan Chelsea pada September, Mourinho sangat ingin melatih Inggris.

Pasangan Mourinho-Tami dan kedua anaknya, Matilda (10) dan Jose Jr. (6), memang sangat menyukai London dan siap meninggalkan kembali rumahnya di Lisabon dan Algrave. Namun, beberapa media Inggris lain, termasuk Daily Mirror, membantah kabar tersebut dengan menyebut bahwa Mourinho masih berada di Portugal. Mirror menulis Mourinho memang awalnya akan terbang ke London, tapi ia membatalkannya karena tidak ingin kian memanaskan spekulasi tentang masa depannya.

Empat sosok lain yang masuk daftar Barwick adalah manajer Aston Villa, Martin O’Neill, dua pelatih Italia Fabio Capello dan Marcello Lippi, plus mantan bos Jerman, Juergen Klinsmann. O’Neill menyiratkan untuk menolak, tapi the Irishman masih menjadi salah satu favorit Barwick.

(Penulis: Yudhi F. Oktaviadhi)