Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Unggulan Terendah dalam Karier Nadal

By Firzie A. Idris - Kamis, 25 Juni 2015 | 06:49 WIB
Rafael Nadal, bertemu empat besar di babak ronde keempat. (Getty Images)

Undian turnamen grand slam Wimbledon dilakukan Rabu (24/6) sore WIB. Juara bertahan dan nomor satu Novak Djokovic di peringkat pertama sementara Roger Federer kedua.

Jagoan tuan rumah sekaligus juara 2013, Andy Murray menempati unggulan ketiga. Untuk pertama kalinya, Stan Wawrinka, juara Prancis Terbuka 2015, masuk unggulan empat besar.

Di bagian putri, petenis nomor satu dunia Serena Williams (AS) ditempatkan di unggulan satu. Juara bertahan Petra Kvitova (Rep. Ceska) di unggulan kedua. Simona Halep (Rumania) menjadi unggulan ketiga sementara Maria Sharapova di tempat keempat.

Cobaan berat kembali diperoleh Rafael Nadal. Dua kali juara Wimbledon ini terlempar ke urutan kesepuluh. Artinya, Nadal harus menghadapi unggulan di ronde keempat.

Sebelumnya, di Roland Garros, Nadal bertemu unggulan pertama Novak Djokovic di perempat final. Karena peringkatnya terus turun, Nadal harus bertemu unggulan lebih awal di ronde keempat. Nadal saat ini berperingkat 10 dengan total poin 3.135.

Undian pertandingan akan dilakukan Jumat (26/6) petang WIB. Nadal di ronde keempat akan bertemu salah satu dari empat besar.

Unggulan terendah sebelumnya yang pernah diperoleh Nadal adalah di Wimbledon 2013. Saat itu ia menempati unggulan kelima. Nadal kandas di ronde pertama oleh Steve Darcis. Juara di turnamen ini adalah Andy Murray.

Unggulan Tunggal Putra
1. Novak Djokovic (Serbia), 2. Roger Federer (Swiss), 3. Andy Murray (Inggris), 4. Stan Wawrinka (Swiss), 5. Kei Nishikori (Jepang), 6. Tomas Berdych (Rep. Ceska), 7. Milos Raonic (Kanada), 8. David Ferrer (Spanyol).
Unggulan Tunggal Putri
1. Serena Williams (AS), 2. Petra Kvitova (Rep. Ceska), 3. Simona Halep (Rumania), 4. Maria Sharapova (Rusia), 5. Caroline Wozniacki (Denmark), 6. Lucie Safarova (Rep. Ceska), 7. Ana Ivanovic (Serbia), 8. Ekaterina Makarova (Rusia)