Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Ian Kabes, Debutan Paling Memuaskan

By Caesar Sardi - Jumat, 12 Juni 2015 | 14:28 WIB
Ilustrasi. (Dok. BOLA)

Tak mudah bagi pemain debutan untuk bisa langsung tampil menyatu dalam tubuh tim. Namun, Ian Louis Kabes mampu melakukan hal ini saat dipercaya main untuk timnas senior menjamu Suriah, Jumat (9/11).

Timnas memang kalah 1-4. Namun, pelatih Ivan Kolev menyebut Ian sebagai pemain yang tampil paling bagus di kubu Indonesia.

“Saya sendiri sebetulnya tak terlalu puas dengan penampilan saya. Selain timnas kalah, saya juga gagal mencetak gol, padahal ada kesempatan,” sebut pemain asal Persipura ini.

Menurut Ian, dirinya hanya berusaha maksimal ketika dipercaya Kolev untuk jadi starter di posisi penyerang kanan, menggeser posisi Elie Aiboy. Hal jelas ini tak mudah dilakukan.

Apalagi ia baru bergabung dengan timnas hanya lima hari sebelum pertandingan. Ian diberi kesempatan untuk pulang ke Papua setelah berlatih bersama timnas U-23 ke Argentina.

“Saya tak terlalu memikirkan hal lain. Yang ada dalam kepala saya hanya main seperti biasa saja,” ucap Ian, yang biasa bermain sebagai bek kanan dan kiri.

Di lapangan sebetulnya masih terlihat kekurangan Ian. Terkadang ia terlihat masih kikuk ketika mendapat bola. Di babak pertama, meski punya kesempatan untuk mendribel bola menusuk pertahanan lawan, Ian malah memberikan bola ke pemain yang lebih senior seperti Ponaryo Astaman atau Firman Utina.

“Ya, di babak pertama. Maklum baru pertama kali tampil bersama pemain senior, tapi hal itu tak terjadi lagi di babak kedua,“ sebut Ian.

“Dia tampil cukup berani dan tidak kelihatan grogi meski ini partai debutnya. Ini menandakan Ian punya karakter yang kuat,“ sebut Djoko Malis, asisten pelatih timnas.

Dibanding pemain debutan lain, Rudi Widodo dan Fandy Mochtar, Joko menilai penampilan Ian paling mantap. “Ya, komparasi itu yang paling pas. Berstatus sama-sama baru pertama main untuk timnas senior, Ian bisa langsung tune in dengan pemain lain,” ujar Djoko.

Usai menuntaskan debut yang memuaskan bersama timnas senior, ada target lain yang diincar. Selain sukses bersama Persipura di kancah Liga maupun Copa, Ian membidik sukses bersama timnas U-23 di SEA Games 2007.

“Akan lebih bangga kalau bisa ikut mengantar timnas U-23 meraih medali emas di SEA Games,“ tutur Ian.

(Penulis: Erwin Fitriansyah)