Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Serbia Ingin Mereplika Prestasi 2007

By Tulus Muliawan - Sabtu, 20 Juni 2015 | 19:15 WIB
Serbia U-21, siap meladeni perlawanan Rep Ceska. (Getty Images)

21 adalah kala mereka menembus final pada edisi 2007. Saat itu, Serbia takluk 1-4 dari Belanda di partai puncak.

Dalam perjalanan ke final Euro U-21 2007, Serbia sempat mengalahkan Rep. Ceska 1-0 di fase grup. Pada 2007, Serbia tergabung di grup sulit bersama Italia, Inggris, dan Rep Ceska.

Kondisi mirip dialami Ser bia di Euro U-21 2015. Skuat asuhan Mladen Dodic menghuni Grup A bersama unggulan juara Jerman, tuan rumah Ceska, dan kuda hitam Denmark.

Kendati demikian, performa paten yang diperlihatkan Filip Djuricic dkk. saat bermain imbang 1-1 kontra Jerman di laga pertama telah menyembulkan optimisme.

“Jika seseorang menawarkan kami skor 1-1 sebelum laga, kami mungkin akan menerimanya. Setelah laga, saya bisa bilang bahwa saya kecewa,” kata Dodic di situs UEFA.

Berkaca dari performa impresif melawan Jerman, bukan tak mungkin Serbia ba kal mampu mengulangi pen capaian mereka pada 2007, yakni dengan menapak ke laga final.

Namun, sebelum berpikir terlalu jauh, Serbia mesti melakukan langkah serupa seperti pada 2007, yaitu mengalahkan Rep. Ceska. Serbia dan Rep. Ceska bakal kembali bersinggungan di Letna Stadium, Praha, Sabtu (20/6/2015).

Ceska bakal menjanjikan tantangan sulit bagi Serbia. Mereka wajib meraih kemenangan setelah pada laga pembuka kalah 1-2 dari Denmark.

Narodak, julukan Rep. Ceska, sebenarnya tampil sangat bagus saat meladeni Denmark, terutama di babak pertama. Namun, penurunan performa di babak kedua membuat Vaclav Kadlec cs. harus mengakhiri laga dengan kepala tertunduk.

“Kekalahan adalah sebuah pukulan. Namun, kami tak menyerah. Kami tak perlu malu melihat penampilan kami di babak I kontra Denmark. Kami wajib bermain seperti itu saat melawan Serbia,” ucap bek Rep Ceska, Jakub Brabec.