Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Super Sunday, Pestanya United dan Arsenal

By Caesar Sardi - Rabu, 1 Juli 2015 | 23:13 WIB
Manchester United bersama Arsenal, tetap menjadi penguasa klasemen. (Alex Livesey/Getty Images)

0 di Emirates Stadium dan The Red Devils sukses menghentikan Liverpool di Anfield juga dengan skor 1-0.

Keunggulan London Reds ditentukan oleh sundulan William Gallas menyambut sepak pojok dari Cesc Fabregas saat pertandingan sudah memasuki additional time di babak pertama. Kiper The Blues, Peter Cech, membuat kesalahan antisipasi ketika hendak menghalau bola. Tinju yang dilakukannya tidak mengenai bola sehingga Gallas bisa menceploskan bola.

Pertandingan ini sendiri berlangsung keras. Berbagai insiden dan perselisihan antarpemain kerap terjadi. Wasit Alan Wiley sampai-sampai harus mengeluarkan sembilan kartu kuning serta dua pemain, yakni John Terry dan Emmanuel Ebou, harus ditarik keluar akibat cedera.

Sang kapten The Blues, Terry, mengalami cedera tulang kering setelah dilanggar sangat keras oleh Emmanuel Ebou di menit ke-35. Terry sempat berusaha untuk melanjutkan permainan, tapi empat menit kemudian dia tak sanggup lagi berlari. Ebou sendiri harus ditandu keluar lapangan setelah dilanggar oleh Ashley Cole pada menit ke-70.

Tertinggal 0-1 mendorong Chelsea tampil lebih menekan di babak kedua, tapi pertahanan rapat dan penampilan gemilang kiper Manuel Almunia membuat gawang The Gunners bersih dari gol. Di lain sisi, serangan terbuka Chelsea membuat pertahanan tanpa Terry menjadi rentan. Berkali-kali kolaborasi Emmanuel Adebayor, Cesc Fabregas, dan Aleksandr Hleb membuat Cech harus kerja keras menyelamatkan gawangnya. Total 12 peluang emas muncul di babak kedua (Arsenal 5, Chelsea 7) berbanding 5 peluang indah yang muncul di babak pertama.

Gol Tevez

Di Anfield, kemenangan United dicetak oleh Carlos Tevez pada menit ke-43 dengan menyontek bola hasil tendangan Wayne Rooney. Pertahanan solid Rio Ferdinand dkk. membuat Fernando Torres dkk. tak bisa mencetak gol. Kubu The Reds bahkan tak mampu memanfaatkan kesalahan besar yang dilakukan Edwin van der Sar saat terjatuh karena menabrak teman sendiri di saat terserang.

Bagi Rafael Benitez, kekalahan tersebut memperpanjang rekor tidak pernah menang atas United di Premier League sejak menangani The Reds pada 2004. Dalam tujuh pertemuan, Rafa hanya bisa menahan sekali dan kalah enam kali!

Hasil-hasil ini yang pasti mengantar Arsenal dan United tetap bertahan sebagai pimpinan klasemen dengan angka 40 dan 39. Chelsea masih di posisi ketiga dengan 34 poin, sedangkan Liverpool turun satu peringkat karena digeser Manchester City, yang sukses menekuk Bolton Wanderers 4-2.

(Penulis: Yudhi F. Oktaviadhi)