Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Presiden Barca Mundur, Beri Jalan Pemilihan Ulang

By Suryo Wahono - Kamis, 11 Juni 2015 | 04:11 WIB
Josep Maria Bartomeu mundur sebagai Presiden FC Barcelona. (Getty Images)

Presiden Barcelona mengumumkan pengunduran dirinya. Josep Maria Bartomeu mundur menjelang pemilihan presiden yang akan dilangsungkan pada Juli mendatang. Bartomeu berbicara kepada anggota dewan klub, Selasa (9/6/2015), menyoroti segala dampak positif yang dia bawa ke klub sejak dinobatkan sebagai presiden, mulai dari pendapatan hingga sukses meraih treble.

Setelah pertemuan tersebut, Bartomeu langsung membuat status di akun twitter miliknya dan secara resmi mengundurkan diri dari jabatan sebagai Presiden.

"Seperti telah saya umumkan pada Januari, setelah musim berakhir, saya secara resmi mengundurkan diri sebagai presiden untuk memberi jalan untuk pemilihan."

Dia juga membela model manajemen yang dia lalukan selama ini dan percaya bahwa Barca seharusnyat terus tumbuh dan mendominasi percaturan sepak bola dunia.

Bartomeu kemudian menyatakan bahwa mulai saat itu dia akan menggunakan akun tersebut untuk mempromosikan pencalonan dirinya sebagai presiden dalam pemilihan yang akan datang.

"Mulai hari ini, menggunakan akun Twitter ini , saya akan menyajikan proposal sebagai calon presiden."

Bartomeu mengumumkan beberapa bulan lalu bahwa klub akan mengadakan pemilihan kembali presiden Barcelona, menyusul ketegangan antaranggota dewan. Mereka mengklaim tidak dilibatkan dalam pemilihan presiden baru setelah pengunduran Sandro Rosell, yang menunjuk Bartomeu, wakil presiden saat itu, sebagai penggantinya.