Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: LeBron Ingin Lebih Agresif di Final NBA

By Caesar Sardi - Selasa, 7 April 2015 | 17:58 WIB
LeBron James, jangan biarkan San Antonio Spurs menata pertahanan. (Ronald Martinez/Getty Images)

85. Apa yang dilakukan King James di gim berikutnya?

“Aku harus lebih agresif dalam menyerang dan mencoba mengantisipasi apa yang mereka lakukan,” kata James, seperti dikutip ESPN.

Gim kedua berlangsung Senin waktu Indonesia. “Mental kami masih sangat kuat dan fokus menghadapi pertandingan berikutnya,” janji James.

Di gim pertama, James dijaga ketat oleh Bruce Bowen. Lolos dari Bowen, tak jarang tiga pemain Spurs lain siap menghadangnya. “Aku akan coba menyerang sambil berusaha memberikan umpan matang kepada teman-temanku,” kata James.

Spurs diakui sebagai tim dengan pertahanan terbaik. “Jangan biarkan mereka mengatur pertahanan, Anda harus cepat menguasai bola dan memilih memberikan bola kepada rekan setim atau mengeksekusi sendiri,” tegas James.

Drew Gooden, rekan James, juga yakin akan kebangkitan Cleveland. “LeBron James pernah sukses menghadapi Bruce Bowen sebelumnya. Bowen memang defender hebat, namun LeBron juga pernah menghadapi great defender lain dan sukses mencetak 40-50 angka,” kata Gooden.

Bowen

Bruce Bowen sendiri kini sedang bergembira menyambut putra keduanya. Sang istri, Yardley, melahirkan bayi seberat 3 kg lebih, Sabtu, 9 Juni, yang mereka beri nama Ozmel.

“Aku bangga kembali jadi papa,” kata Bowen. Putra pertama Bowen, Ojani, kini hampir berusia dua tahun. Ia lahir beberapa bulan setelah Spurs merebut gelar juara NBA terakhir mereka pada 2005.

“Aku berharap ini semacam ramalan baik,” harap Bowen.

Bowen sudah menimang anak kedua, sedangkan LeBron James kini sedang menanti kelahiran sang putra.

Kekasih James, Savannah, dijadwalkan melahirkan pada 17 Juni. Pada tanggal tersebut, gim kelima dari rangkaian best of seven laga final akan digelar di Cleveland. Namun, James menduga sang putra akan lahir sebelum tanggal itu.

Sejauh ini, tak ada rencana untuk menunda atau mempercepat kelahiran agar tak bentrok dengan jadwal final. “Apa yang terjadi, terjadilah. Kami sangat gembira dan tak sabar menunggu,” kata James. Namun, ia sudah menegaskan menempatkan kepentingan Cavaliers sebagai prioritas.

“Jika ada waktu, aku pasti menunggui kelahiran anakku. Jika tidak, keluarga pasti mengerti tim ini membutuhkan aku,” katanya.

James mengenal Bowen ketika sama-sama memperkuat tim nasional AS. “Sungguh jelas baginya, keluarga nomor satu, basket berikutnya. Aku amat respek pada Bruce,” tutur James.

Bowen kerap dijuluki sebagai dirty player. “Anda tak akan suka disebut dirty. Tapi, itu opini orang. Sepanjang teman-teman dan keluarga mengenal aku yang sebenarnya, bagiku itu lebih penting,” tegas Bowen.

(Penulis: Roosyudhi Priyanto)