Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lippi: Sousa adalah Pemimpin di Lapangan

By Firzie A. Idris - Minggu, 21 Juni 2015 | 23:27 WIB
Paulo Sousa (Valerio Pennicino/Getty Images)

Pada Minggu (21/6) malam WIB, Fiorentina mengonfirmasi kedatangan Paulo Sousa sebagai pelatih baru mereka. Marcello Lippi, mantan bos Sousa di Juventus mengatakan bahwa pelatih asal Portugis itu akan menjadi penunjukkan cerdas oleh Fiorentina.

Sousa akan menggantikan Vincenzo Montella yang dipecat Fiorentina pada awal bulan. Mantan gelandang tim nasional Portugal tersebut baru saja meninggalkan kubu Swiss, FC Basel, setelah mengantar mereka ke titel Liga Swiss.

Selain itu, Sousa juga pernah mengantar Maccabi Tel-Aviv ke gelar Liga Israel 2013/14.

Marcello Lippi, eks pelatih Sousa di Turin pada medio 1990an, mengungkapkan bahwa kecerdasan sang pelatih di lapangan dulu akan membuatnya jadi sosok tepat di ruang nakhoda La Viola.

“Mantan gelandang sering sukses sebagai pelatih karena Anda membangun kesuksesan dari lapangan tengah," ujar Lippi kepada La Nazione, seperti dikutip situs resmi UEFA.

"Sebagai pemain, Paulo Sousa punya kemampuan teknik mumpuni dan ia sangat cerdas. Ia pemimpin di tengah lapangan seperti rekan-rekan setimnya ketika itu, Antonio Conte dan Didier Deschamps. Mereka adalah tiga gelandang hebat yang memimpin dengan kepribadian masing-masing dan kini mereka menjadi pelatih-pelatih hebat juga."

Conte adalah pelatih timnas Italia kini dan ia memenangi gelar Serie B bersama Bari sebelum kembali ke Juventus dan mengangkat klub bangkit dari Calciopoli. Mantan kapten Juve itu meraup tiga gelar Serie A dan dua SuperCoppa Italiana selama empat tahun melatih Bianconeri.

Sementara itu, Deschamps menorehkan berbagai prestasi di level klub bersama Monaco dan Marseille. Antara lain, melaju hingga final Liga Champions 2003/04 dan menjuarai Liga Prancis bersama Marseille.

Seperti Conte, ia kini menjabat di level internasional sebagai pelatih timnas Prancis.