Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Final Four NCAA: Panggung Empat Pelatih Hebat

By Eko Widodo - Kamis, 2 April 2015 | 09:33 WIB
John Calipari bersama Kentucky Wildcats, belum pernah kalah sampai Final Four 2015. (Getty Images)

Akhir pekan ini, di panggung bola basket mahasiswa (NCAA) bakal digelar Final Four di Indianapolis. NCAA adalah lumbung pebasket terbanyak untuk NBA.

Empat tim yang akann berlaga di Indianapolis adalah Kentucky Wildcats, Wisconsin Badgers, Duke Blue Devils, dan Michigan Spartans. Pertandingan dimainkan Minggu (5/3) WIB dan disiarkan di Indonesia oleh TV ASN di jaringan TV berbayar First Media.

Wildcats ditempatkan di urutan pertama menjadi juara. Mereka 38 kali tak terkalahkan. Di final wilayah Midwest, Wildcats nyaris ditumbangkann Notre Dame sebelum menang tipis 68-66. Pada final four, lawan Wildcats adalah Wisconsin Badgers, juara wilayah Barat. Pada final di Los Angeles, Wisconsin menang 85-78 atas unggulan kedua, Arizona Wildcats.

Tim kedua yang diunggulkan ke final adalah Duke Blue Devils. Duke juara wilayah Selatan. Dalam final wilayah yang digelar di Houston, Blued Devils menang dari Gonzaga 66-52. Gonzaga adalah unggulan kedua wilayah.

Namun Blue Devils harus melewati dulu Michigan State Spartans yang memiliki pelatih legendaris Tom Izzo. Karakter kuat Izzo menjadi lawan yang pas pelatih Duke, Mike Mike Krzyzewski. Spartans adalah juara wilayah Timur. Dalam final yang digelar di Syracuse, Spartans mengalahkan Louisville 76-70. Louisville ditangani pelatih top Rick Pitino.