Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Blatter Anti-Inter

By Caesar Sardi - Kamis, 11 Juni 2015 | 18:14 WIB
Sepp Blatter. (Koji Watanabe/Getty Images)

Selasa (6/11), Presiden FIFA, Sepp Blatter, kembali menegaskan rencana pembatasan pemain asing di satu klub. Sepertinya itu akan terwujud. Inter menjadi salah satu klub yang disorot berkaitan dengan regulasi itu.

Saat berbicara di depan para jurnalis di Kuala Lumpur Selasa lalu, Blatter menjadikan Inter sebagai contoh. “Kami melihat pertandingan Juventus melawan Inter. Inter hanya menurunkan tiga pemain Eropa dan tak satu pun dari Italia, Juventus punya enam pemain Italia,” kata ketua federasi sepakbola dunia itu, seperti dilansir Reuters.

Inter tanpa pemain Italia saat melawan La Vecchia Signora pada Ahad lalu bukan berita baru. Pertandingan I Nerazzurri kontra Catania pada 15 Oktober 2006 menjadi sejarah. Saat itu untuk pertama kali di Serie A La Beneamata arahan Roberto Mancini tidak menampilkan pemain Italia.

Blatter memperlihatkan sikap anti pada klub dengan materi pemain sangat multi-internasional seperti Beneamata. Itu membuat kubu Nerazzurri langsung bereaksi keras. “Saya berada di lapangan dan memiliki paspor Italia, seperti juga rekan-rekan saya. Ini yang ingin saya katakan kepada Blatter,” ujar kapten Inter asal Argentina, Javier Zanetti, di La Stampa.

Lima Asing

Seperti apa konsep yang diinginkan Blatter? Orang Swiss ini ingin satu klub dalam sebuah pertandingan liga hanya dapat menurunkan lima pemain asing dalam daftar starter.

Di negara Eropa, hal tersebut bertentangan dengan undang-undang di Uni Eropa soal kebebasan memperoleh pekerjaan. Tapi, Blatter sudah melakukan kontak dan sedang bekerja sama dengan Uni Eropa membahas masalah ini.

“Uni Eropa tidak membahas isu ini dalam konstitusi mereka saat ini, tapi olahraga akan disebut untuk pertama kali ketika mereka mengubah undang-undang pada Desember mendatang,” kata Blatter.

“Ada sejumlah proses yang terjadi bersamaan untuk menyetop melimpahnya kehadiran pemain asing di klub-klub,” sebut presiden kedelapan FIFA itu.

Blatter menyatakan bahwa FIFA ingin enam pemain nonasing yang diturunkan klub dalam satu pertandingan memperoleh kesempatan untuk terpilih masuk tim nasional tempat liga digelar.

Para pelatih tim nasional tentu akan senang jika format enam pemain lokal dan lima pemain asing dalam daftar starter satu klub diterapkan FIFA. Pilihan buat mereka menjadi lebih banyak.

(Penulis: Riemantono)