Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Irfan Bachdim Merasa Lebih Baik di Jepang (1)

By Tulus Muliawan - Selasa, 23 Juni 2015 | 15:40 WIB
Martinus Bangun/BOLA (Irfan Bachdim, tetap mengikuti perkembangan sepak bola nasional selama berkarier di Jepang.)

Tahun ini merupakan musim kedua Irfan Bachdim mencoba peruntungan di Jepang. Meski kariernya belum terlalu mulus, Irfan mengaku mengalami banyak peningkatan.

Irfan hanya mendapat kesempatan tampil sebanyak empat kali bersama klub yang ia bela musim ini, Sapporo Consadole. Itu pun hanya sebatas tampil sebagai pemain pengganti.

Faktor cedera merupakan salah satu masalah yang kerap dihadapi ujung tombak skuat Merah- Putih tersebut. Irfan saat ini sedang menjalani proses pemulihan hamstring. Ia diperkirakan baru akan pulih tiga hingga lima pekan ke depan.

Lewat kerja sama dengan pihak J-League, wartawan Harian BOLA, Martinus Bangun, berkesempatan melakukan wawancara khusus dengan Irfan di lokasi latihan timnya di Sapporo, Senin (22/6).

Halo, Irfan. Ini merupakan tahun kedua Anda berkarier di Jepang. Apakah segalanya berjalan lancar?

Ya, sejauh ini bisa dibilang belum terlalu lancar karena belakangan saya kerap menderita cedera yang membuat saya terpaksa jarang tampil reguler. Namun, baik sebagai individu maupun atlet sepak bola, saya merasa cukup berkembang dan sudah lebih baik dibanding sebelumnya.

Berapa lama lagi kirakira Anda akan pulih?

Menurut dokter tim dan pelatih fisik, saya diperkirakan sudah bisa kembali berlatih normal pada tiga hingga lima pekan mendatang.

Di Consadole Sapporo, Anda baru tampil empat kali musim ini dan seluruhnya sebagai pemain pengganti. Apakah Anda puas dengan pencapaian tersebut?

Tentu saja saya belum puas. Saya merasa yakin bahwa saya masih lebih baik dari itu. Setelah pulih nanti, saya akan berupaya untuk kembali ke performa terbaik saya dan tentu saja berharap bisa tampil lebih sering bersama tim utama.